Dari Taman Eden ke Yerusalem Baru

 PEMERINTAHAN DI 1000 TAHUN MASA DAMAI.

  1. Tuhan Yesus Kristus adalah Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan.Wahyu 11:15-18.Wahyu 19:16
  2. 12 Rasul Gereja Hujan Awal yaitu Pertrus dengan kawan-kawannya dan 12 Rasul Gereja Hujan Akhir. Lukas 22:29-30, Matius 19:28.
  3. Gereja Penganten yang disingkirkan di awan-awan selama 1260 hari (3,5 Thn), Wahyu 12:6
  4. Mereka yang masuk pada Kebangkitan Pertama, Wahyu 20:4-5.

YANG DIPERINTAH  PADA 1000 TAHUN MASA DAMAI.

  1. Mereka adalah tiga golongan gereja yang tidak terangkat dan yang bertahan pada 3,5 tahun zaman antikris yang tetap hidup dan masuk pada 1000 tahun. Matius 25;3, Wahyu 12:17.
  2. Golongan umat manusia yang bertobat pada zaman antikris dengan pekabaran  Injil kekal oleh dua saksi yang tetap hidup dan masuk pada 1000 tahun.Wahyu 14:6, Wahyu 11:3-12, Wahyu 7:9-17.

Dalam Mazmur 45:14-17nampak kedudukan dalam pemerintahan di 1000 tahun Masa Damai yaitu Penganten bersama dengan raja, sedangkan anak-anak dara yang mengikutinya adalah mereka  yang  termasuk benih gereja pemegang hukum Allah dan pemegang kesaksian Kristus. Yaitu yang dibangkitkan pada kebangkitan pertama. Sedang bapa leluhur adalah tokoh-tokoh Alkitab seperti Abraham, Ishak,Yakub,Nuh,Musa, akan menjadi pembesar-pembesar pada kerajaan 1000 tahun masa damai. Dilihat dari Mazmur 45 kedudukan Gereja Penganten lebih besar kedudukannya di 1000 tahun Masa Damai daripada kedudukan Yakub bahkan Yohanes Pembabtis. Matius 11:11, Ibrani 11:39-40,  Lukas 19:17-19, Epesus 2:6

Aku berkata kepadamu:Sesungguh-sungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak perna tampil seorang yang lebih besardaripada Yohanes Pembabtis,namun yang terkecil dalam kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.Matius 11:11.

Dan mereka semua tidak memperoleh apa yang dijanjikan itu,sekalipun iman mereka telah memberikan kepada mereka suatu kesaksian yang baik.Sebab Allah telah menyediakan sesuatu yang lebih baik bagi kita; tanpa kita mereka tidak dapat sampi kepada kesempurnaan.Ibrani 11:39-40.

Katanya kepada orang itu:Baik sekali perbuatanmu itu,hai hamba yang baik engkau telah setia pada perkara kecil,karena itu terimalah kekuasaan atas sepuluh kota.Lukas 19:17.

Dan di dalam Yesus Kristus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di Sorga.Epesus 2:6

Pada 1000  tahun Masa Damai, tidak ada lagi perkawinan sebab tujuan hidup untuk kebenaran bukan kedagingan karena bumi penuh dengan kemuliaan  (Habakuk 2:14)namun ada kelahiran. Yaitu suami istri yang tetap hidup selama zaman antikris dan yang lolos pada perang Harmagedon dan mereka yang hamil, tentu akan melahirkan di 1000 tahun Masa Damai, sebab mereka belum sempurna dan mereka adalah penduduk di 1000 tahun Masa  Damai. Yesaya 11:8.

Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak.Yesaya 11:8.

Pada 1000 tahun Masa Damai tidak ada lagi umur pendek sebab semua akan mencapai umur panjang, kecuali mereka yang melakukan kesalahan akan mati. Sebab suami istri diijinkan berbiak-biak selama mereka belum disempurnakan. Tetapi setelah sudah sempurna, mereka tidak melakukan lagi hubungan suami istri. (Yaitu kusus penduduk) Yesaya 65:20-23.

Disitu tidak akan ada lagi bayi yang hanya hidup beberapa hari atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk,sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun masih dianggap muda,dan siapa yang tidak mencapai seratus tahun,akan di anggap kena kutuk.Mereka akan mendirikan rumah-rumah,dan mendiaminya juga, mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga.Mereka tidak akan mendirikan sesuatu,supaya orang lain yang mendiaminya,dan mereka tidak akan menanam sesuatu,supaya orang lain memakan buahnya,sebab umur umatKu akan sepanjang umur pohon, dan orang-orang pilihanKu akan menikmati  pekerjaan tangan mereka. Mereka  tidak akan melahirkan anak yang mati mendadak,sebab mereka itu keturunan orang-orang yang diberkati Tuhan dan anak cucu mereka ada bersama dengan mereka.Yesaya 65:20-23.

Sebagaimana pada waktu Adam dan Hawa dalam keadaan sempurna, mereka tidak  melakukan hubungan  suami  isteri. Tetapi setelah mereka tidak sempuna lagi yaitu ketika mereka jatuh dalam dosa, maka barulah mereka bersetubuh, Kejadian 4:1. Jadi pada 1000 tahun Masa Damai tidak ada lagi perkawinan tetapi hanya kelahiran karena pada waktu kebangkitan orang tidak kawin dan dikawinkan. Karena tujuan hidup pada 1000 tahun itu adalah kebenaran dan kesempurnaan, Matius 22:30.

Karena pada waktu kebangkitan,orang tidak kawin dan tidak dikawinkan,melainkan hidup seperti malaekat diSorga.Matius 22:30.

KESENANGAN DI 1000 TAHUN MASA DAMAI.

  1.  Tidak ada lagi iblis sebab sudah dirantai selama 1000 tahun. Wahyu 20:1-3.
  2. Tidak ada lagi Antikris dan nabi palsu karena sudah dilempar kan di lautan api dan belerang.Wahyu 19:19-21.
  3. Bumi penuh dengan pengetahuan. Habakuk 2:14,    Yesaya11:9.b.
  4. Penuh perdamaian dan sukacita. Yesaya 11:6-7.
  5. Tidak ada orang jahat. Yesaya 35:8.
  6. Tidak ada lagi yang sakit.Yesaya 35:5-6.
  7. Tanah menjadi subur sampai di padang gurun.Yesaya 35:6-9.
  8. Tidak ada kesusahan lagi atau kedukaan.Yesaya 35:10.
  9. Anak yang dilahirkan tidak ada yang cacat.Yesaya 65:23.
  10. Makanan adalah buah-buah sebagaimana di taman Eden. Yesaya 65:21
  11. Tidak ada lagi perang atau penjajahan.Yesaya 2:4.
  12. Tidak ada lagi yang berfoya-foya atau malas.Yesaya 65:22.
  13. Penuh keadilan dan kebenaran.Mikha 4:3.
  14. Tidak ada lagi ketakutan. Mikha 4:3-4.
  15. Tidak ada lagi kenajisan dan berhala. Zakharia 13:2.
  16. Mengalir sungai-sungai air kehidupan. Zakharia 14:8.
  17. Semua menyembah Raja yaitu Tuhan semesta alam. Zakharia 14:16.

IBLIS /SETAN DILEPASKAN SEDIKIT MASA

Setelah iblis/setan dirantai 1000 tahun,maka ia dilepaskan sedikit masa, Wahyu 20:7-8.Demikianlah kekuasaan Tuhan Yesus bahwa Ia yang menutup, Ia juga yang berkuasa membuka. Kalau Ia menutup, tidak ada yang sanggup membuka dan kalau Ia yang membuka, tidak ada yang dapat menutup, Wahyu 3:7.                                                              

Dan tuliskanlah kepada malaekat jemaat  di Filadefia: inilah Firman dari yang kudus,yang benar,yang memegang kunci Daud;apabila Ia membuka,tidak ada yang dapat menutup;apabila Ia menutup,tidak ada yang dapat membuka.Wahyu 3:7.

Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir,iblis akan dilepaskan dari penjaranya dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi,yaitu Gog dan Magog dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. Wahyu 20;7-8.

Ketika Setan itu dilepaskan, maka ia pergi menyesatkan bangsa-ba ngsa di empat penjuru alam yang disebut Gog dan Magog adalah menunjuk pada seorang pemimpin,yang mempengaruhi suatu kelompok besar untuk berperang. Yeheskiel 39:2.

Magog adalah sebutan nama dari keturunan Yafet anak Nuh. Tadinya Yeheskiel menyebut raja Agung dari Mesekh dan Tubal. (Yeheskiel 38 dan 39)Yeheskiel menulis atas perintah Tuhan untuk melawan  mereka adalah  suatu  jumlah  besar  tentara  dan Tuhan menghancurkan mereka dengan amarah api murka yaitu dengan sampar dan tumpahan darah, dengan hujan lebat, dengan rambun, api dan hujan belerang. Sedangkan Yohanes di pulau Patmos, lebih melengkapi nubuatan Yeheskiel yang diwahyukan Tuhan kepadanya.                                                               

Siapakah mereka yang disesatkan oleh iblis?

  1. Mereka adalah sebagian penduduk di 1000 tahun Masa Damai yaitu orang percaya yang lolos pada zaman Antikris tetapi tidak di sempurnakan di 1000 tahun Masa Damai.
  2. Mereka adalah sebagian orang-orang yang lahir di 1000 tahun Masa Damai.

Kedua kelompok rakyat pada 1000 tahun Masa Damai yang belum sempurna, akan dipengaruhi oleh iblis untuk menyesatkan mereka. Dan dijadikan suatu himpunan besar oleh iblis untuk melawan Tuhan Yesus Kristus sebagai Raja di atas segala raja dan tentara orang kudus.Tetapi Tuhan menangkap iblis dan melemparkannya ke dalam  lautan  api dan belerang yaitu di tempat antikris dan nabi palsu dibuang.Wahyu 20:7-10.

Dan Gog adalah pemimpin yang menyesatkan banyak orang, mati dan dikuburkan yang tempat itu di sebut Lembah khalayak ramai gog.Yeheskiel 39:11.

Kesamaan nubuatan Yeheskiel dan Wahyu pada Yohanes, melengkapi arti dari Gog, yang menunjuk pada pemimpin besar yang mempengaruhi umat di empat penjuru bumi; dialah Iblis/ setan ketika ia dilepaskan sedikit masa. Sedangkan Magog menunjuk suatu wilayah, Yeheskiel 39:6.

Aku mendatangkan api ke atas Magog dan keatas orang-orang yang diam di daerah pesisir dengan aman tentram,dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan.Yeheskiel 39:6.

Dan iblis yang menyesatkan mereka,dilemparkan kedalam lautan api dan belerang,yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu,dan mereka disiksa siang malam sampai selam-lamanya.Wahyu 20:10.

 

BUMI LAMA DIHANGUSKAN

1000 tahun Masa Damai berada di bumi ini, tapi bumi dalam bentuk lain sebab bumi telah berubah ketika Tuhan Yesus datang menginjakkan kakiNya di bukit Zaitun, maka terjadi gempa bumi yang besar yaitu pada pencurahan malapetaka ketujuh. Dan dengan adanya peniupan sangkakala ketujuh. Maka terjadi perubahan besar di bumi sebab :

  1. Terbelah kota-kota besar menjadi tiga bagian.
  2. Runtuh kota-kota bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan.
  3. Semua pulau hilang lenyap.
  4. Tidak ditemukan gunung-gunung di bumi.(Wahyu 11:1519, Wahyu 16:17-21, Zakharia 14:4-5).

Pada 1000 tahun Masa Damai bumi telah berubah menjadi suatu bumi yang sangat subur dan penuh kedamaian. Dan dengan beberapa peristiwa dasyat telah terjadi sebelum peristiwa 1000 tahun masa damai, yaitu adanya korban yang mati pada perang Harma gedon pada akhir 3,5 tahun zaman antikris, Tuhan telah mendatangkan burung-burung pemakan bangkai untuk membersikan bumi dari bangkai manusia. Peristiwa ini adalah pesta unggas yaitu Malaekat lah yang memanggil unggas-unggas itu, Wahyu 19:17-18.Dan ketika masuk pada 1000 tahun masa damai, bumi telah menjadi bersih dan indah oleh perubahan dasyat namun unsur-unsurnya tetap ada.

Tetapi setelah iblis dilepaskan, maka bumi menjadi kotor kembali oleh kenajisan-kenajisan yang dinajiskan oleh iblis, dan juga oleh bangkai-bangkai manusia yang disesatkan oleh iblis dan yang  melawan Maha Kuasa, mereka  semua mati. Yeheskiel 39:17-20.

Dan engkau anak manusia,beginilah Firman Tuhan Allah: Katakanlah kepada segala  jenis burung-burung dan segala binatang buas:berkumpulah kamu dan datanglah,berhimpunlah kamu dari segala penjuru pada perjamuan korban yang Kuadakan bagimu, yaitu perjamuan korban yang besar, di atas gunung-gunung Israel kamu akan makan daging dan minum darah. Daging para pahlawan akan kamu makan dan darah para pemimpin Dunia akan kamu minum,mereka semua  ibarat domba jantan,anak domba, kam bing jantan dan lembu jantang,ternak gemukan dari basan.Kamu akan makan lemak sampai kamu kenyang,dan minum darah sampai kamu menjadi mabuk pada perjamuan  korban yang Kuadakan bagi   mu, kamu akan men jadi kenyang pada perjamuanKu dengan makanan :kuda dan penunggang nya, pahlawan dan semua orang  perang,demikianlah Firman Tuhan Allah.Yeheskiel 39:17-20.

Dan orang-orang akan membersihkan bumi, Yeheskiel 39:15. Yeheskiel menyebut  Gog  adalah pemimpin seorang raja dan Magog adalah wilayah. Dan hari pehukuman mereka sudah ditentukan oleh Tuhan dengan beberapa jenis pehukuman dari langit. Yeheskiel 39:8, Yeheskiel 38:22.

Sungguh,pasti datang dan terjadi yaitu hari yang sudah Kufirmankan.  Yeheskiel 39:8.

Hukumannya adalah:

  1. Hujan lebat.
  2. Hujan Rambun.       Yeheskiel 38:22.
  3. Hujan api.
  4. Hujan belerang.

Demikian juga Yohanes mendapat wahyu dari Tuhan, melengkapi susunan tersebut dengan  sempurna,Wahyu 20.21.22 .Jelas  bahwa langit dan bumi dibakar, hanyalah unsur-unsurnya yang dilenyapkan. Tetapi langit dan bumi yang diciptakan itu, tetap ada, Pengkhotbah 1:4.

Keturunan yang satu pergi,dan keturunan yang lain datang,tetapi Bumi tetap ada.Pengkhotbah 1:4.

Dimanakah orang-orang kudus ketika langit dan bumi dibakar?

Alkitab menjelaskan beberapa contoh bagaimana Tuhan menyediakan tempat bagi orang-orang percaya ketika bumi terancam. Yaitu:

  1. Ketika air bah  memusnakan bumi maka Tuhan menyelamatkan orang percaya di dalam Bahtra.(Kejadian 7.8)
  2. Ketika Bumi Sodom dan Gomora dibakar,maka orang percaya disingkirkan dari bumi Sodom dan Gomora.(Kejadian 19)
  3. Ketika bumi dikuasai Antikris, maka Gereja Penganten, disingkirkan di awan-awan. (Padang belantaranya Tuhan Wahyu 12:14)

Demikian juga ketika langit dan bumi lama dibakar, maka Tuhan menyelamatkan orang-orang kudus. Sebagaimana zaman Nuh dan zaman Sodom dan Gomora. Mereka berada dalam perlindungan dan dalam kubu pertahanan Allah. Mazmur 91:1-2.

Orang yang duduk dalam lindungan yang maha tinggi,dan bermalam dalam naungan yang Maha Kuasa,akan berkata kepada Tuhan:Tempat perlindunganku,dan kubu pertahananku,Allahku yang kupercayai.Mazmur 91:1-2.

ARASY PUTIH YANG BESAR  (WAHYU 20:11)

ARASY adalah tempat kedudukan pemerintahan Bapa di Sorga.

TAKHTA adalah tempat besemayam raja.

Selain Takhta tempat bersemayan Bapa di Sorga, ada juga 24 Takhta di Arasy Wahyu 4:4 dan takhta pengadilan Kristus (II Korintus 5:10). 24 Takhta itu menunjuk kedudukan 12 Rasul  Gereja Hujan Awal dan 12 Rasul Gereja Hujan Akhir. Kedua puluh empat Rasul ini diberi kuasa untuk mengadili, Lukas 22:29-30,  Matius 19:28, Wahyu 20:4a.

Kata Yesus kepada mereka:Aku berkata kepadamu,sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali,apabila Anak manusia bersemayam di takhta kemuliaanNya,kamuyang telah mengikut Aku,akan duduk juga di atas duabelas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.Matius 19:28.

Arasy putih yang besar adalah tempat pengadilan dan yang duduk diatasnya adalah Tuhan Yesus Kristus. Itulah yang disebut takhta pengadilan Kristus, supaya semua orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai yang dilakukannya dalam hidup baik atau jahat. Pengkotbah 12:14, Wahyu 20:12, II Korintus 5:10.

Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi entah itu baik entah itu jahat Pengkhotnah 12:14.

Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus,supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya,sesuai dengan yang dilakukuannya dalam hidupnya,baik ataupun jahat.II Korintus 5:10

Setelah nampak Arasy putih, bumi baru sudah ada; sebab itu Tuhan Yesus menyebutnya pada waktu penciptaan kembali yang di maksud Yesus ialah penciptaan bumi dan langit baru (Matius 19:28). Sebab Tuhan akan menentukan kedudukan orang kudus, pada bumi baru dan langit baru. Sedangkan orang -orang   yang tidak   mengenal Kristus, yaitu mereka yang tidak di bangkitkan pada Kebangkitan Pertama, di lemparkan ke dalam lautan api itulah kematian kedua.Wahyu 20:11-15.

 

BUKU-BUKU YANG DIBUKA PADA PENGADILAN KRISTUS

  1. Alkitab(Firman), Yohanes 12:48.
  2. Kitab Kehidupan(daftar nama),Wahyu 20:15.
  3. Kitab Peringatan(Kitab kehidupan hari-hari), Maleakhi 3:16.

Daniel menulis sungai api timbul dan mengalir dari hadapan Tuhan, berlaksa-laksa berdiri dihadapanNya, dan duduklah Majelis pengadilan dan membuka kitab-kitab (Daniel 7:10). Dan orang-orang mati yang tidak masuk padakebangkitan pertama, besar kecil menghadap takhta pengadilan. Pada waktu itulah laut menyerahkan orang-orang mati yaitu yang mati di laut dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati. Dan dihakimi menurut perbuatan mereka dan langsung dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang. Itulah kematian kedua,Wahyu 20:14.

Kematian kedua adalah kematian yang mengerikan. Sebab itulah Paulus menyurat pada jemaat Korintus, jangan menaru kepercayaan pada diri sendiri, tetapi percaya pada Allah yang membangkitkan orang mati. Sebab Tuhan Yesus telah melepaskan anak-anaknya,dari kematian yang mengerikan itu, II Korintus 1:9-10. Dan karena Kristus dibangkitkan Allah dari orang mati, maka tidak sia-sia kita percaya pada Tuhan Yesus, I Korintus 15:12-34(14). Paulus katakan pada jemaat Korintus, kita semua harus menghadap kursi pengadilan Kristus. Sebab untuk orang-orang percaya, akan dibagikan  upah (pahala), Wahyu 11:18, Daniel 12:13.Sedangkan orang yang tidak percaya, dilemparkan ke lautan api, Wahyu 20:11-14.

Tetapi engkau,pergilah sampai tiba akhir zaman,dan engkau akan beristirahat,dan akan bangkit untuk mendapat bagianmu pada kesudahan zaman.Daniel 12:13.

BUMI BARU DAN LANGIT BARU

(Wahyu 21:1)

Bumi baru dan langit baru adalah bumi dan langit yang telah dibaharui oleh Tuhan dalam keindahan kekal selama lamanya dan tidak ada lagi laut. Yaitu dijadikan baru semuanya dalam penciptaan kembali kata Tuhan Yesus dalam Matius 19:28, Wahyu 21:5.

Ia yang duduk di atas taktah itu berkata :”Lihatlah Aku menjadikan segala sesuatu baru”Tuliskanlah,karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.Wahyu 21:5.

Bumi Baru dan Langit Baru adalah

  1.  Bumi yang tidak ada lagi lautan. Wahyu 21:1.
  2. Bumi baru yang di dalamnya, ada kota kudus yaitu Yerusalem Baru yang turun dari Sorga. Wahyu 21:2.
  3. Bumi baru mempunyai kemah Allah. Wahyu 21:3.
  4. Bumi baru berisi kebenaran,  II Petrus 3:13.
  5. Bumi baru tidak ada lagi air mata, Wahyu 21:4.
  6. Bumi baru tidak ada maut, Wahyu 21:4.
  7. Bumi baru tidak ada perkabungan atau dukacita,Wahyu 21:4.
  8. Bumi baru mendapat minum dari air kehidupan dengan cuma-Cuma, Wahyu 21:6.

 Siapakah yang berada di dalam Bumi Baru?

  1. Mereka adalah golongan gereja pemegang saksi Kristus baik yang meninggal dan dibangkitkan pada kebangkitan pertama, maupun yang hidup dan menang pada 3,5 tahun zaman Anti- kris  dan disempurnakan pada 1000 tahun masa damai. Wahyu 12:17.b.
  2. Gereja pemegang hukum Allah; baik yang mati dan dibangkitkan  pada kebangkitan pertama, dan yang tetap hidup melewati 3,5 tahun zaman Antikris sampai di 1000 tahun masa damai dan yang disempurnakan.Wahyu 12:19.a.
  3. Mereka yang bertobat di zaman Antikris dan mereka sangat banyak tidak terhitung jumlahnya, tetap hidup sampai masuk pada 1000 tahun masa damai dan disempurnakan pada 1000 tahun masa damai.Wahyu 7:9-17.

Di Bumi baru dan Langit baru, penuh dengan kebenaran semua mememakai jubah putih, dan hidup hanya dengan memuji-muji Allah dan Anak Domba. Dan hidup hanya melayani Dia selama-lamanya. Dan tidak menderita lapar dan dahaga, dingin dan panas terik tidak ada lagi, sebab Anak Domba yang menjadi gembala selama-lamanya.

KOTA KUDUS YERUSALEM YANG BARU (Wahyu 21:2)

Kota Yerusalem baru adalah sebuah gedung empat persegi yang turun dari Sorga. Ini berarti dibangun oleh Tuhan sendiri dan diturunkan di bumi, setelah bumi dan langit jadi baru ada. Pada waktu Tuhan Yesus bersama-sama dengan murid-muridNya, Ia mengatakan jangan gelisah, percayalah kepadaKu dan percayalah kepada Allah (Yohanes 14:1). Dan Ia berkata di Rumah BapaKu banyak tempat tinggal. Apabila Aku pergi kesitu (Sorga) dan menyediakan tempat bagimu maka Aku akan datang kembali. Dan membawa kamu ketempatKu supaya ditempat dimana Aku berada, kamupun berada, Yohanes 14:2-4. Jelas bahwa Tuhan Yesus  mengatakan tentang suatu tempat tinggal yaitu Yerusalem baru yang dibangun di Sorga dan di turunkan di bumi baru untuk Penganten-PengantenNya, Wahyu 22:3, Wahyu 22:17, Wahyu 21:9.

Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya. Dan hamba-hambaNya akan beribadah kepadaNya. Wahyu 22:3.

Maka datanglah seorang dari ketujuh malaekat yang memegang ketujuh cawan,yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu,lalu ia berkata kepadaku,katanya:Marilah kesini,aku akan menunjukkan padamu penganten perempuan,mempelai Anak Domba. Wahyu 21:9

Roh dan penganten perempuan itu berkata: Marilah!dan  barang siapa yang mendengarnya,hendaklah ia berkata:Marilah ! dan barang siapa yang haus,hendaklah ia datang,dan barang siapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan Cuma-Cuma.Wahyu 22:17.

 Gambar dan keterangan gambar.

TEMPAT – TEMPAT   YANG  DISEDIAKAN TUHAN PADA GEREJA PENGANTEN.

Tempat-tempat yang disediakan Tuhan untuk Gereja Penganten adalah janjiNya pada GerejaNya sebagai jaminan hidup sebagaimana yang dikatakan Tuhan dalam Yohanes 14:1-6. Murid-murid tidak mengerti maksud Tuhan. Karena itulah Thomas bertanya ketempat mana Tuhan pergi kami tidak tahu. Maka Tuhan menjawab Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup tidak seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui  Aku. Tempat-tempat itu adalah:

  1. Firdaus adalah tempat bagi orang-orang percaya ketika ia meninggal. Lukas 23:43.
  2. Awan-awan adalah tempat bagi Gereja Penganten selama 1260 hari. I Tesalonika 4:16-17, Wahyu 12:6.14.
  3. Kerajaan di 1000 tahun Masa Damai adalah tempat Gereja Penganten memerintah bersama mempelai Laki-Laki, Wahyu 20:6.
  4. Kota kudus Yerusalem baru adalah tempat Gereja Penganten dan Penganten Laki-laki tinggal selama-lamanya.Wahyu 21:2.
  5. Dunia Baru adalah tempat orang-orang percaya yang tidak menjadi penganten. Wahyu 21:1.

BEBERAPA HAL TENTANG YERUSALEM.

  1.  Yerusalem di dunia berkedudukan di Israel tempat antikris akan duduk.Wahyu 11:2
  2. Yerusalem ibu kita yaitu Yerusalem Sorgawi. Galatia 4:26, Ibrani 12:22-23.
  3. Yerusalem kota suci pada 1000 tahun Masa Damai. Ibrani 11:10-16
  4. Yerusalem Baru turun dari Sorga. Wahyu 21:2.

Nama dan kedudukan Yerusalem telah ditentukan. Sedangkan Yerusalem Baru yang turun dari Sorga, setelah pengadilan Kristus, adalah tempat Anak Domba dengan penganten-pengantenNya.

 Tanda-tanda Gereja Penganten adalah:

  1.  Bersalut dengan matahari,berpijak di atas bulan dan bermahkotakan duabelas bintang.Wahyu 12:1-2.
  2. Memakai jubah Penganten. Wahyu 19:6-9, Yesaya 61:10.
  3. Memakai perhiasan. Yesaya 61:10c, Kejadian 24:53.
  4. Memakai pakaian bersulamkan emas. Mazmur 45:14-15.

Gereja Penganten memiliki tempat di Yerusalem baru kota kudus, sebagaimana  dikatakan bahwa kota itu lengkap seperti seorang penganten perempuan  berhiaskan  bagi  suaminya. Janji Tuhan pada  tujuh jemaat dalam kitab Wahyu pasal 2 dan 3, menjelaskan kedudukan dan tempat-tempat bagi gerejaNya. Dari ketujuh jemaat itu, hanyalah jemaat Filadelfia yang menjadi Penganten, sebab mereka tidak menyimpang dari Firman dan  tekun  menantikan Tuhan   dengan tidak  menyelewengkan Firman. Dan jika mereka menang akan menjadi soko guru (tiang) di dalam Bait Suci dan tidak akan keluar dari Yerusalem  baru, Wahyu 3:7-13.  Sedangkan keenam gereja yang lain, bertempat di luar Yerusalem baru yaitu di dunia baru. Demikian juga karakter-karakter rohani gereja-gereja sekarang ini.

  1. Apabila ada kelompok gereja memiliki kehidupan rohani seperti gereja Filadefia, akan mendapat tempat di kota kudus Yerusalem baru.
  2. Gereja yang memiliki kehidupan rohani sama dengan Jemaat Epesus, jika menang hanya mendapat tempat di Firdaus Allah dan akan masuk pada kebangkitan pertama.
  3.  jemaat Smirna, apabila menang akan dibangkitkan pada kebangkitan pertama dan kematian kedua tidak berkuasa pada mereka.
  4.  Jemaat Pergamus apabila menang dalam peperangan  iman,akan diberi mana tersembunyi adalah kehidupan, Yohanes 6:31,51, Matius 13:11.
  5. Jemaat Tiatira apabila menang akan memerintah dengan Kristus, berarti memerintah pada 1000 tahun Masa Damai.
  6. Dan Jemaat Sardis apabila menang, akan dipakaikan pakaian putih yaitu jemaat Sardis akan berada di dunia baru, Wahyu 20:11-15, Wahyu 7:14.
  7. jemaat Laodekia apabila menang akan duduk di ArasyKu adalah kedudukan pada 1000 tahun Masa Damai dan memerintah dengan Kristus.

     Karakter rohani keenam jemaat, tidak seperti jemaat Filadelfia, yang mendapat tempat khusus yaitu di Yerusalem baru. Sebab diantara  ketujuh jemaat yang mendapat teguran itu, hanyalah jemaat Filadelfia yang menjadi Penganten dan menempati Yerusalem Baru. Adalah suatu kota Kudus jauh lebih indah dari taman Eden. Dan tinggal bersama Anak Domba Allah dalam kemuliaanNya kekal selama-lamanya. Amin

Tuhan memberkati

Penulis,

Pdt. Rolly Rorong, S.Th

Iklan

20 Komentar

  1. Djen Oroh

    Haleluyah…
    Tulisannya makin lengkap… Makin berkualitas… Puji Tuhan. Kudoakan Hikmat Tuhan makin dicurahkan kepada Pdt Rolly, kiranya Tuhan makin membukakan rahasia Firman Tuhan, makin menyatakan rahasia pembentukkan karakter Kristus (sempurna) dalam hidup gereja penganten. Haleluyah…
    Selain tulisan makin berbobot, foto/gambar Pak Rolly juga makin keren, dengan senyum khas… Haleluyah… Terus maju, kabarkan injilnya diseluruh bangsa

    • amin Tuhan berkati pdt Jen Oroh semakin berkarya.tks doa dan dorongannya amin salam buat kel rekan-rekan dan jemaat.

  2. susan kalesaran

    puji Tuhan, kita lebih dikuatkan…, tulisan ini menjadi berkat bg banyak orang
    maju terus om Rolly.. Tuhan memberkati

    • amin…pdt susan Tuhan beserta selalu kel dan pelayanan dan salam dari kami buat ibu dan gembala dan jemaat gereja cahaya rohkudus.Duykung dalam doa ya Tuhan berkati

  3. HERRY JM RONDONUWU

    PUJI TUHAN HALLELUYAH TIM SAFARI AKAN SEMAKIN DIPAKAI TUHAN DAN DOA KAMI SUKSES SELALU,SELAMAT BERJUANG KAMI AKAN SELALU MENANTI KEHADIRAN TIM SAFARI UNTUK MEMBERKATI..
    PROVENSI RIAU
    DR HERRY RONDONUWU & JEMAAT GESBA PEKANBARU
    GBU 🙂

    • amin Doakan selalu…Tuhan beserta sealu….

      • alyce

        Terima kasih Pdt. Dengan hasil penulisan ini saya mampu membagikan dan menjelaskan kepada orang lain tentang akhir zaman dan siapa kristus yang sebenarnya…

      • Tkx Tuhan berkati telah berkunjung dan meneruskan berita ini kepada orang lain…..untuk menjadi berkat….haleluya

  4. pedang pora

    shallomm…
    cerita yg seru nih pak.. dri kejadian -wahyu terungkap dg jelas..

    sy mau nanya pak..
    apakah 1 hari adalah 1000th? standar perhitungan waktu spt itukah yg dianut dalam alkitab?

    2 Petrus 3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

    mohon jawaban pak
    Gbu

    • shalom terima kasih sudah bertanya,,,perhitungan 1 hari adalah 1000 tahun sesuai dgengan firman yaitu dalam maz 90:4 dan II petrus 3:8,,,bahwa 1 hari bagi Tuhan sedangkan bagi manusia itu 1000 tahun…ini perhitungan stadar Firman Tuhan,,,,,Tuhan berkati ya

  5. Sungguh tulisan pewahyuan ini MEMBERKATIKU dan akan disebarkan ke sahabat dan saudaraku,makasih Pak Pdt Rolly kami doakan semakin dipakai Tuhan amim

    • Tuhan berkati saudari Winda Wilar sudah mengambil bagian untuk menyebarkan pelajaran ini….semua untuk kemuliaan nama Tuhan..

  6. STANLY TAGHUPIA

    seperti halnya perjalanan dari eden sampai yerusalem baru,begitupun juga tingkatan Rohani umat Tuhan ( organisme ) haruslah terus dibangun sampai tingkat yang sempurna ( perhatikan pembangunan 7 tingkat iman dlm Tabernakel yg dirohanikan),teruslah maju untuk membangun tempat kediaman Roh Kudus ( 1 kor 3:16,1 kor 6:19) sampai kita menikah dengan Tuhan YESUS KRISTUS,AMIN.

    • amen…Tuhan telah menerangi dengan firman jalanNya menuju Yerusalem Baru…tetaplah berjuang untuk mencapai Yerusalem baru sebab disana tempat mempelai Surgawi tinggal….

    • amen standar pembangunan gereja awal telah didasari Petrus yang dipercayakan kunci kerajaan Surga…maka Petrus membuka kunci kerajaan surga dengan 3 hal yaitu 1.bertobat…2.memberi diri dibazbtis..3.beroleh anugrah/karunia Roh….maka terbangun 7 tingkat iman yang disejajarkan degan tabernakel…

      • STANLY TAGHUPIA

        benar sekali dan jika sudah sampai ke tingkat memperoleh anugerah2 Roh kudus dan menghasilkan buah2 roh kudus maka akan disempurnakan Roh,jiwa dan tubuh pada kegerakan besar ( hujan akhir ) dan mendahuluinya satu tanda pemulihan akan terjadi seperti dalam nubuatan yoel yaitu adanya pemulihan bukan saja berkat jasmani tetapi terlebih berkat Rohani ( yoel 2:19,23-27),maka Tuhan akan menyebut kita umat-NYA/milik kepunyaan-NYA,haleluya bagi DIA RAJA DIATAS SEGALA RAJA,NANTIKANLAH DIA SEPERTI KITA MENANTIKAN FAJAR DI PAGI HARI,AMEN

      • amen….Tuhan berkati Stanly dan kel

      • amen Tuhan berkati Stanly kel dan pelayanan

  7. Anak Tuhan :D

    Syaloom Pak Pdt. Rolly Rorong..
    Saya ingin menanyakan,

    untuk dibaptis dengan air, min. kita harus berumur berapa?
    Terima Kasih 🙂

    Tuhan Yesus Memberkati 🙂

    • Tuhan berkati sudah berkunjung dan mengambil bagian dlm bertanya….ada tingkatan umur manusia yg disebut bayi,anak2,remaja dewasa,lanjut usia….utk babtisan air melewati tingkat anak yaitu umur 12 thn,,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: