Sodom dan Gomora – Kejadian 19

Pendahuluan.

Roma 15:4.Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu,telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita,supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari kitab suci.

Kolose 2:17.Semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang,sedang wujudnya ialah Kristus.

Tiga Malaekat yang kelihatan kepada Ibrahim di pintu kemahnya di bawah pohon jati Mamre,  datang kepada Abraham untuk memberitahukan kelahiran Ishak.

Tiga Malaekat tersebut adalah bayangan dari Tiga Oknum . Sebagaimana kelahiran Yesus Kristus di bumi disaksikan oleh tiga orang Majus yang menunjuk pada  Henoch, Musa dan Elia.

Ketiga Malaekat yang datang bertamu di rumah Ibrahimdan seorang tinggal tawar menawar dengan Ibrahim dan dua orang Malaekat pergi melanjutkan perjalanan menuju ke Sodom dan Gomora.

Ibrahim tawar menawar sampai 6 kali dengan malaekat yang satu itu. Malaekat yang dimaksud itu adalah  Bapa. Sedangkan yang kedua Malaekat lainnya yang pergi menuju Sodom dan Gomora adalah bayangan Tuhan Yesus dan Rohkudus atau Firman dan Roh. Karena Firman adalah Tuhan sendiri, Yahya 1:1.  Firman itu adalah hidup dan berkuasa, Ibrani 4:12.

Sodom dan Gomora terkenal dengan kejahatannya dan kota ini sangat subur laksana taman Eden, perhatikan Kejadian 13:10-11 :

Maka diangkat Lut akan matanya, dilihatnya seluruh padang Yarden, yang dibasahkan oleh sungai  itu pada segenap tempatnya, yaitu dahulu daripada dibinasakan Allah akan negeri Sodom dan Gomora, pada sepanjang jalan sampai ke Zoar itulah seperti taman Tuhan dan seperti tanah Mesir adanya”. Ayat 10

“Sebab itu dipilih Lut segala padang Yarden bagi dirinya, lalu berjalan ia kesebelah timur, maka bercerailah mereka itu seorang dengan seorang”.       Ayat 11 (Terjemahan Lama).

Negeri ini sangat kaya jasmani tetapi miskin Rohani dan karena ambruknya rohani,maka terjadilah perzinahan besar-besaran yang menjijikkan (perzinahan tubuh dan rohani). Dimana terjadi perzinahan antara laki-laki dengan laki-laki dan perempuan dengan perempuan dan dengan binatang dan sebagainya, yang disebut Sodomi. Orang Sodom dan Gomora adalah orang jahat kecuali Lut dan isterinya dan kedua anaknya.  Mereka tidak terpengaruh dengan kehidupan yang kotor, karena mereka terhitung kepada orang-orang benar.

Lut merasa sakit  terhadap sikap orang-orang Sodom. Lut adalah keponakan Ibrahim. Ibrahim dan Lut adalah bayangan dari 2 (dua)  type Gereja, yaitu :

  1. Ibrahim adalah bayangan dari Gereja yang sudah lahir baru daripada air dan Roh dan beroleh Anugerah Rohulkudus, Yahya 3:5, Kisah Rasul 2:38. Yang mengutamakan perkara-perkara Rohani. Ini terbukti dengan Ibrahim yang selalu bersekutu dengan Tuhan, Kejadian 13:18.
  2. Lut adalah bayangan daripada Gereja yang suka akan kekayaan jasmani tapi miskin Rohani, tidak mengutamakan Roh akibat memisahkan diri dari Gereja type Ibrahim.

Mengapa Lut memisahkan diri ? Karena dia tidak senang hidup bersama-sama dengan Ibrahim. Artinya daging dan Roh berlawanan, Galatia 5:17.

Lut adalah type sidang jemaat Laodekia yang kaya badani tapi miskin Rohani. Gereja semacam ini sebenarnya menurut hukum kebenaran akan dihukum, tapi Tuhan Yesus tetap menyatakan kasihNya pada type Gereja  semacam ini. Kasih Tuhan ini adalah Kasih yang tidak mementingkan diri sendiri dan juga tidak berkesudahan, 1 Korintus 13:8.

Ada Empat macam Kasih atau Cinta.

  1. Kasih antara muda-mudi (asmara) dalam bahasa Yunani disebut EROS. Eros adalah anak dari Hermes. Hermes adalah Dewi Yunani. Dewi kecantikan adalah Aprodite, dia jatuh cinta kepada Hermes dan cintanya tidak terkabul karena Hermes meninggal dunia. Ada seorang anak laki-laki dari Hermes yang sama tampan dengan ayahnya bernama EROS. Timbul lagi birahinya kepada Eros yang mirip dengan ayahnya. Dan cinta Aprodite hanya sepihak saja tidak mendapat jawaban dari Eros, akhirnya dia bunuh diri dengan jalan minun racun. Oleh sebab itu dikatakan cinta birahi (asmara).

Dalam bahasa Yunani disebut Eros. Cinta ini sering membawa korban pada salah satu pihak. Cinta semacam ini dilandasi dengan cemburu yang sangat kuat. Roh cemburu  berasal dari setan.

Dalam Perjanjian Baru tidak ditemukan kata Eros. Dalam Perjanjian Lama ada beberapa contoh        :

  • Istri Potifar birahi kepada Yusuf.
  • Daud birahi kepada Batsyeba.
  • Yakub birahi kepada Rachel.

Setanpun birahi pada Gereja Tuhan sebab itu setan terus menggoda gereja suci dengan pelajaran palsu dan sesat.

2.     Cinta Persaudaraan (cinta Philia)

Cinta philia tidak berdasarkan hubungan darah.

3.     Cinta Storge.

Cinta storge didasari atas hubungan darah yaitu antara orang tua dengan anak, kakak dan adik dan sebagainya.

4.     Cinta yang tidak mementingkan diri yaitu Cinta Agape.

Cinta Agape adalah cinta Allah terhadap manusia. perhatikan Yahya 3:16. Dari Suratannya nampak bahwa Rasul Yahya adalah Rasul Kasih.

Gereja yang selalu memiliki kasih Philia adalah menuju pada sidang jemaat Filadelfia yang memiliki kasih persaudaraan. perhatikan dalam Keluaran 20:3-17 tentang 10 FirmanKu. Inti dari 10  Hukum itu adalah Kasih.

Dalam Keluaran 20:3-11,  Kasih yang paling tinggi derajatnya adalah Kasih Agapae.

Ayat 12    Berilah hormat akan bapamu dan akan ibumu, supaya dilanjutkan umurmu dalam negeri yang dianugerahkan Tuhan, Allahmu kepadamu.

Berilah hormat akan Ibu Bapamu –menunjuk pada Kasih Storge.

Ayat 16    Jangan kamu mengatakan kesaksian dusta akan samamu manusia.Menunjuk pada kasih Philia.

Ayat 17    Jangan kamu ingin akan rumah samamu manusia, jangan kamu ingin akan bini samamu manusia, atau akan hambanya laki-laki, atau akan sahajanya perempuan, atau akan lembunya, atau akan keledainya, atau akan barang apa-apa yang samamu manusia punya.menunjuk pada kasih Eros.

Lut memisahkan diri dari Ibrahim kemudian ia ke kota yang kaya yaitu Sodom dan Gomora berbicara tentang Gereja yang sudah dibaptis dengan air dan makmur dalam perkara jasmani, tetapi suka berzinah rohani yaitu sodom dan gomora penuh dengan pelajaran palsu dan sesat. Jika ada orang benar yang telah dibabtis dengan air harus diselamatkan dari sodom dan gomora sebelum aniaya besar yaitu diselamatkan dari pelajaran sesat dan palsu.(Yudas 1::23.…Selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api.Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan pada orang-orang lain juga,dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.Ibrahim berdoa kepada Tuhan agar Sodom dan Gomora dapat diselamatkan. Tuhan berkata kepada Ibrahim bahwa mereka tidak akan diselamatkan lagi. Tuhan tidak mengabulkan permintaannya, hanya Lut dan istrinya dan kedua anaknya yang akan selamatkan.

Tuhan membakar sodom dan gomora dengan api sebagai hukuman. Dan ini menunjuk pada mereka yang sudah lahir baru daripada air dan Roh yang suka tinggal di Sodom dan Gomora yaitu berzinah Rohani dan berada dalam Gereja type sodom dan gomora,satukali kelak akan dihanguskan dengan api oleh Tuhan. Yang sebenarnya mereka sudah melihat dan merasakan mujizat dan sudah mendengar kebenaran Firman Tuhan yang telah dibawakan oleh Hamba-Hamba Tuhan dari sidang Filadelfia akhir zaman,yaitu pengajaran kesempurnaan; tapi tidak mau sadar dan tetap mengeraskan hatinya.

Kalau mereka tidak mau bertobat dan tidak meninggalkan pelajaran palsu dan sesat, maka Tuhan akan hukum mereka  lebih berat daripada Sodom dan Gomora. perhatikan Matius 11:20-24. Dahulu Tuhan membinasakan negeri Tsur dan Sidon demikian juga Gereja-Gereja yang sama dengan sodom dan gomora yang penuh dengan sinah rohani akan dibinasakan Tuhan.Demikian juga nabi Yesaya menegur dengan keras umat Israel; bahwa jika Tuhan tidak meninggalkan benih,maka mereka sudah seperti  sodom dan sama dengan gomora.Yesaya 1:9.

Sebelum Sodom dan Gomora dihancurkan dengan api,maka Tuhan mengeluarkan Lut dan keluarganya terlebih dahulu. Dan jika mereka tidak mau keluar dari sodom dan gomora, pasti binasa. Begitu juga jiwa-jiwa dari gereja type Sodom dan Gomora yang ingin selamat harus keluar dengan bimbingan Firman dan Roh.

Oleh karena itu bagi hamba-hamba Tuhan dari sidang Filadelfia akhir zaman dengan pengajaran kesempurnaan,mulai sekarang harus berteriak dengan keras dengan suara besar berseru kepada gereja-gereja type Sodom dan Gomora supaya mereka bertobat. Dan keluar dengan meninggalkan gereja type Sodom dan Gomora, jika telah mendengar pekabaran InjilKu. (kabar Penganten).  Ingat bahwa type gereja Sodom dan Gomora adalah gereja yang akan menuju Babil yang besar (kekacauan). Seperti halnya dengan nabi Yermia yang memberitakan Kabar Penganten kepada umat Israel supaya meninggalkan Babil sebelum dihancurkan, perhatikan Yermia 50:6-9.

PENJELASAN ROHANI

Ayat 1-3

Ayat 1      Maka sampailah kedua orang malaekat itu ke Sodom pada petang hari, maka pada masa itu Lutpun ada duduk dipintu negeri Sodom. Serta terlihatlah Lut akan mereka itu, maka bangkitlah ia berdiri, lalu pergi mendapatkan mereka itu, maka sujudlah mereka itu, maka sujudlah ia sampai mukanya kebumi.

Ayat 2    sambil sembahnya : Baiklah sekarang tuan singgah apalah kerumah hamba dan bermalamlah disana, biar kaki tuan dibasuh, maka esok pagi-pagi hari kelak bolehlah tuan berjalan pula menurut jalan tuan. Maka sahut mereka itu : Tidak, melainkan kami hendak bermalam diluar ini.

Ayat 3      Maka berturut-turut dibujuknya mereka itu, sehingga mereka itu singgah kepadanya dan masuk kedalam rumahnya, lalu dijamunya akan mereka itu, diperbuatkanyalah roti yang tiada beragi. Maka mereka inipun makanlah.

Ayat ini menunjuk kepada kedua malaekat menuju Sodom dan Gomora. Mereka tiba pada malam hari (sudah malam), semua orang tidak mau menyambutnya kecuali Lut. Mata Lut tertuju kepada kedua malaekat itu dan memperhatikannya kemudian Lut sujud dan menyembah mereka serta membuka pintu rumahnya bagi kedua malaekat tersebut. Mereka masuk dalam rumah Lut dan makan sehidangan dengan Lut. Hanya Lut yang membuka pintu rumahnya untuk menyambut kedua malaekat itu.

Kedua malaekat tersebut adalah membayangi Firman dan Roh sebab itu Lut menyambut dengan sukacita. Ini berbicara bawalah Firman yang benar dan pekerjaan Roh yang benar maka akan terjadi mujizad yaitu  :

  1. Terbuka mata Rohaninya.
  2. Menyambut Firman Tuhan.
  3. Membuka pintu hatinya untuk terima Firman dan Roh.
  4. Berpesta dalam hatinya sebagaimana Lut berpesta dengan kedua malaekat itu.

Lut menyambut kedua malaekat itu dengan roti yang tiada beragi. Keduanya makan dengan senang. Ini menunjuk bahwa Tuhan sangat senang dengan pelayanan yang benar tanpa bercampur dengan kemanusiaan (daging), Yermia 17:5.

Ayat 4      Maka sebelum mereka itu berbaring hendak tidur, datanglah segala orang isi negeri, yaitu segala orang Sodom, tua muda segenap bangsa daripada segala pihak mengepung berkeliling rumah itu.

Ayat 5      Lalu berserulah mereka itu akan Lut, serta berkata kepadanya : Dimanakah orang yang telah datang kepadamu itu malam ini ? Bawalah akan dia keluar, supaya kami berbuat kehendak kami akan dia.

Ayat 6      Maka keluarlah Lut daripada pintu rumah hendak mendapatkan mereka itu, maka dirapatkannya daun pintunya.

Ayat 7      lalu katanya : Hai saudaraku, janganlah kamu berbuat jahat begitu.

Ayat 8      Bahwasanya adalah padaku dua orang anakku perempuan, yang belum mengetahui laki-laki, biarlah kiranya kuhantarkan dia keluar kepadamu, maka perbuatlah olehmu akan dia bagaimana baik kepada pemandangan mata kamu, asal jangan kamu berbuat barang sesuatu akan ornag laki-laki itu, karena sebab hendak melindungkan dirinya mereka itu telah datang kebawah pernaungan atap rumahku.

Ayat 9      Maka kata orang itu : Marilah engkau ! Dan lagi katanya : Ia ini orang dagang yang datang menumpang disini, maka ia hendak menjadi hakim juga, sekarang kami hendak berbuat jahat akan dikau terlebih daripada akan mereka itu ! Lalu ditempuh oleh mereka itu akan orang itu, yaitu akan Lut, dan mereka itupun datanglah hampir hendak memecahkan pintu.

Sebaliknya Lut dan keluarganya menerima kedua utusan Tuhan, orang-orang di Sodom dan Gomora mencari jalan untuk membinasakan kedua utusan itu, peristiwa ini terjadi pada malam hari. Maksud mereka untuk mau mengadakan perzinahan dengan kedua utusan tersebut.

Mereka mengepung rumah Lut tapi ia bertahan dan menutup pintu rumahnya agar supaya kedua utusan itu jangan dianiaya diluar. Lebih baik anaknya jadi korban daripada kedua malaekat itu. Berarti Lut menunjukkan tanggung jawabnya terhadap kedua orang tersebut (konsekwen).

Pekabaran Injil yang dibawakan oleh hamba-hamba Tuhan dari sidang Filadelfia akhir zaman yaitu pengajaran kesempurnaan yang disertai dengan pekerjaan Roh Kudus akan mengakibatkan hal-hal tersebut. Dalam gereja type Sodom dan Gomora yaitu akan terjadi :

  1. Sebagian kecil dari jiwa-jiwa akan membuka hatinya menerima Firman dan RohKu. Mereka menyambut dengan gembira dan bersuka cita terhadap kedua utusan itu yang kini bertugas untuk mengeluarkan jiwa-jiwa dari dalam gereja tersebut. Keadaan gereja tersebut gelap karena tidak adanya Firman dan Roh yang benar karena Kaki Dian tidak menyala.
  2. Sebagian dari jiwa-jiwa itu tidak mau menerima Injil itu, tidak mau membuka pintu hatinya terhadap Firman Tuhan dan Rohkudus. Sebaliknya daripada menyambut supaya selamat tetapi ternyata mereka mencari jalan untuk menghalangi, seperti orang-orang Sodom dan Gomora mencari jalan untuk membunuh kedua malaekat itu.

Mereka yang membuka pintu hatinya akan kebenaran Allah (Kabar Penganten) mereka bertahan terhadap serangan-serangan,dan walaupun korbankan harta bendanya dan tubuh asal mereka memiliki Firman dan Roh Kudus, asal jangan Firman dan Roh Kudus meninggalkan mereka.

Ayat 10    Tetapi kedua orang itupun mengulurkan tangannya, ditariknya Lut masuk kedalam rumah, lalu pintupun dikuncikannya.

Ayat 11    Maka dipalu oleh keduanya akan segala orang yang dipintu rumah itu daripada kecil dan besar dengan mengaburkan matanya, sehingga penatlah mereka itu hendak mendapat pintu.

Kedua utusan ini menarik Lut, mereka menghalau orang-orang Sodom dan Gomora besar kecil sampai buta semuanya.

Mereka yang mencoba menghalangi pemberitaan Firman Allah dan pekerjaan Roh akan dibutakan mata Rohaninya agar mereka bertabrakan satu dengan yang lain dan akhirnya akan hancur, perhatikan Yahya 16:32.

Pendirian Lut itu tegas bahkan dia lebih suka menghormati kedua orang itu daripada dirinya sendiri. Begitu pula hamba-hamba Tuhan harus tegas dan berani sangkal diri didalam membela kebenaran Firman Tuhan, perhatikan. Kisah Rasul 19 dan 5:29.

Akibat daripada penghormatan Lut kepada kedua orang utusan ini, maka keduanya membimbing tangan mereka keluar meninggalkan Sodom dan Gomora yang akan Aku musnahkan dengan api.

Kalau gereja type Sodom dan Gomora sudah dengar Firman Tuhan dan terima Roh Kudus maka dia akan dipimpin keluar dari gereja tersebut karena telah penuh dengan perzinahan rohani perhatikan Wahyu 18:4.

Jangan berlambatan harus segera keluar agar jangan sampai mengalami kerugian seperti Lut kehilangan isterinya yang menjadi mahkota kehidupannya.

Ayat 12    .Maka kata kedua orang itu kepada Lut : Jikalau padamu disini ada lagi menantu atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau segala orang yang engkau punya dalam negeri ini, bawalah akan dia keluar dari tempat ini

Kedua malaekat tersebut memerintakan Lut keluar memberitahukan kepada kedua menantunya dan keluarganya supaya keluar dari Sodom dan Gomora agar mereka jangan binasa.

Kedua malaekat itu tidak menghendaki Lut dan keluarganya binasa tetapi mereka ingin supaya mereka selamat, 2 Petrus 3:9.

Orang yang sudah menerima Firman Tuhan dan anugerah-anugerah Rohkudus yang benar, jangan keluar sendirian dari gereja yang setype dengan Sodom dan Gomora tetapi ajaklah seluruh keluarga bersama-sama meninggalkan gereja persinahan itu. Jadi, harus bersaksi pada mereka supaya mereka diselamatkan;jika tidak bersaksi,maka Tuhan akan tuntut darah mereka. Yehezkiel 3:18-20.

Ayat 13    karena kami hendak membinasakan negeri ini, sebab telah besarlah serunya dihadapan hadlirat Tuhan, dan Tuhanpun telah menyuruhkan kami akan membinasakan dia.

Ancaman hukuman terhadap Sodom dan Gomora sangat mengerikan  karena termasuk dalam penghukuman Babil. Demikian juga gereja setype Sodom dan Gomora ini akan dibinasakan dengan api kesusahan yang besar yaitu zaman Antikris. Wahyu 9:4-6, Matius 24:19, Wahyu 13.

Ayat 14    Maka keluarlah Lut, lalu berkata-kata ia dengan menantunya yang hendak kawin dengan anak-anaknya perempuan, katanya : Bangunlah kamu, keluarlah dari dalam tempat ini, karena Tuhan hendak membinasakan negeri ini. Tetapi pada sangka menantunya Lut hendak membuat olok-olok akan dia.

Lut telah melakukan tugasnya dengan kesaksiannya tetapi calon-calon menantunya menolak. Calon menantunya adalah membayangi orang dunia yang bersahabat baik dengan orang percaya tapi mereka sangka hanya kebohongan semata. menunjuk pada ketidak perdulian pada kesaksian Firman.

Ayat 15    Maka apabila menyingsinglah fajar diajak-ajaklah oleh kedua orang malaekat itu akan Lut, katanya : Bangunlah engkau, bawalah akan binimu dan kedua orang anakmu perempuan, yang dengan engkau disini, supaya engkaupun jangan binasa dalam celaka negeri ini.

Setelah fajar menyingsing kedua malaekat Tuhan dengan sangat keras berkata kepada Lut dan keluarganya supaya keluar dari Sodom dan Gomora.

Inilah 3 kesaksian  :

  1. Dalam ayat 12, 13.
  2. Dalam ayat 14
  3. Dalam ayat 15.

Hanya diperlukan tiga kali kesaksian untuk mengeluarkan seseorang dari gereja type Sodom dan Gomora, Lukas 10:10-12. Fajar menyingsing menunjuk kepada sudah dekat fajar yaitu Kegerakan Besar 3 ½  thn (Hujan Akhir) mereka yang sekarang sudah mendengar Firman Tuhan yang benar dan sudah penuh dengan anugerah Roh Kudus harus cepat keluar dari Gereja type Sodom dan Gomora bila tidak mereka akan mengalami kerugian hebat yaitu:

  1. Mereka akan selamat tapi tidak memperoleh mahkota. Bagaikan Lut yang kehilangan semua kekayaannya.
  2. Mereka akan tinggal diluar Yerusalem Baru. Mereka hanya menjadi rakyat biasa. Wahyu 21:2. Yerusalem Baru harus lengkap seperti Penganten Perempuan yang terhias bagi suaminya. Suami -menunjuk pada Tuhan Yesus Kristus. Lut kehilangan istrinya menunjuk bahwa Lut selamat tapi tidak mendiami Yesusalem Baru hanya menjadi rakyat biasa yaitu tinggal diluar Yerusalem Baru di dunia baru.
  3. Lut mengadakan hubungan kelamin dengan kedua putrinya (berzinah), mereka yang lambat keluar sesudah mendengar tiga kesaksian akan selamat tetapi keselamatan itu bukan karena jasanya tetapi oleh kemurahan Allah saja. Sebab Lut berbuat kesalahan dalam keadaan tidak sadar setelah ia minum air anggur dan yang melakukan itu adalah kedua anaknya yang kuatir.Kejadian 19:30-37.

Mereka yang sudah mendengar suara Roh Kudus lalu mengeraskan hatinya bersalah kepada Tuhan, tetapi Tuhan masih tunjukkan kemurahanNya kepadanya walaupun kemudian setelah keluar dari Sodom dan Gomora mereka terkena pengaruh lagi dengan pelajaran palsu dan sesat sebagaimana  dengan kedua anaknya Lut.

Lut mengadakan perzinahan karena dia menyembunyikan dirinya dalam sebuah Goa. Yang seharusnya dia bersaksi kepada orang-orang yang ada di Zoar. Goa bayangan atau menunjuk pada organisasi baru(tempat perlindungan baru). Ini menunjuk pada mereka yang setelah terlambat keluar dari gereja Sodom dan Gomora, bukannya mereka bersaksi,tetapi mereka menyembuyikan diri dalam organisasi baru; dan mereka akan terpengaruh lagi dengan pelajaran palsu dan sesat sebagaimana anak sulung Lut yang bersinah dan mengajak adiknya juga turut bersinah(yaitu ajaran sesat sebagaimana jemaat Tiatira yang terpengaruh dengan ajaran wanita Izebel).

Lut mabuk anggur dari kedua anaknya sendiri sebab hidup di dalam goa yang gelap dimana sinar matahari tidak dapat menembusi dalam goa ayat 35. Karena waktu Lut masuk ke negeri Zoar matahari sedang bersinar di atas Zoar tapi Lut menyembunyikan dirinya dari sinar matahari dengan jalan masuk ke dalam goa.

Zoar bayangan atau menunjuk pada sidang Filadelfia akhir zaman dimana Tuhan ada dan Matahari Kebenaran bersinar didalamnya. Mereka yang sudah keluar dari gereja type Sodom dan Gomora dan kemudian mengasingkan dirinya membentuk gereja yang baru akan mudah terpengaruh dengan pelajaran palsu dan sesat (yaitu air anggur yang memabukkan yang merangsang persinahan adalah pelajaran palsu dan sesat) Akan mengadakan perzinahan Rohani kemudian mereka sadar akan diri mereka sebagaimana Lut sadar dari mabuk. Perbuatan ini tidak dihukum berat karena dibuatnya dengan secara tidak sadar tetapi Yerusalem Baru.

Ayat 16    Tetapi berlambat-lambat juga ia, lalu oleh kedua orang itupun dipeganglah tangannya dan tangan bininya dan tangan kedua anaknya, sebab hendak dikasihani juga oleh Tuhan akan dia, lalu dihantarnya akan dia keluar negeri itu.

Walaupun sudah tiga kali kedua utusan ini memberitahukan Lut supaya keluar tapi ia masih berlambatan juga. Akhirnya kedua utusan Tuhan dengan terpaksa memegang tangan Lut serta istri dan kedua anaknya ditarik dari Sodom dan Gomora.

Walaupun mereka sudah mendengar Firman Tuhan yang benar dan sudah menerima anugerah Roh Kudus tapi masih berlambatan keluar karena masih ingat kedudukan mereka di Sodom dan Gomora, mereka takut jangan kehilangan kedudukan dan pengaruhnya. Bandingkan Lut yang terkenal di Sodom dan Gomora tapi tatkala masuk di Zoar jadi tidak berarti.

Ayat 17    Hata, setelah sudah dihantarnya akan mereka itu keluar, lalu katanya : Lari lepaskanlah nyawamu, janganlah kamu menoleh kebelakang dan janganlah berhenti diseluruh padang ini, larilah kamu kegunung, supaya kamupun jangan binasa.

Setelah mereka sudah keluar dari Sodom dan gomora maka malaekat Tuhan menyampaikan Firman :

  1. Lari lepaskan nyawamu.
  2. Jangan menoleh kebelakang.
  3. Jangan berhenti.
  4. Lari ke gunung.

Arti Rohaninya  :

Bahwa mereka yang dipimpin oleh Roh dan Firman Tuhan keluar dari gereja type Sodom dan Gomora harus patuh pada empat perkara diatas.

  1. Berlari dan bertekun didalam iman supaya jiwa selamat.
  2. Jangan ingat lagi akan pelajaran palsu dan sesat dan korbanmu di gereja type Sodom dan Gomora.
  3. Jangan berhenti dalam perlombaan iman dan perbuatlah kebajikan lihat 1 Korintus 9:24-27 dan Galatia 6:9-10. Kalau mereka berhenti maka mereka akan mati iman. Roh Tuhan akan tinggalkan mereka. Ingat istri Lut menjadi tiang garam.
  4. Lari ke gunung kesucian dan kebenaran dan tinggalkan lembah-lembah dan padang-padang dosa, Yesaya 2:2-3.

Ayat 18   Maka sembah Lut kepadanya : Janganlah begitu, ya Tuhan !

Ayat 19    Jikalau kiranya hamba telah mendapat kasihan daripada hadlirat Tuhan, hendaklah kiranya Tuhan membesarkan pula rahmat Tuhan, yang telah Tuhan tunjuk kepada hamba, tegal Tuhan hendak memeliharakan nyawa hamba, karena hamba tiada sampai kuasa hendak lagi ke gunung, kalau-kalau celaka itu lekat pada hamba, lalu hamba mati.

Ayat 20    Tengok apalah negeri itu dekat, dapat hamba lari kesana, lagi ia itu sebuah negeri kecil, biarlah kiranya hamba melindungkan diri hamba disana dan melepaskan nyawa hamba daripada bahaya ini. Bukankah ia itu sebuah negeri yang kecil ?

Lut tawar-menawar dengan kedua malaekat Tuhan supaya jangan ia lari ke gunung tapi lari ke Zoar saja. Anak-anak Tuhan jangan tawar menawar dengan keselamatanmu karena engkau akan mengalami kerugian,  2 Korintus 6:1-2.

Ayat 21    Maka katanya kepada Lut : Bahwasanya akan hal inipun telah kululuskan permintaanmu, yaitu tiada aku hendak menbinasakan negeri, yang telah kau katakan itu.

Kedua utusan ini meluluskan permintaan Lut karena Lut keras hati, lalu ia mengalami kerugian yaitu :

  1. Istrinya hilang.
  2. Berzinah dengan kedua anaknya.

Mereka yang keluar dari gereja type Sodom dan Gomora selalu tawar menawar dengan Firman dan Roh Kudus, mereka akan kehilangan Yerusalem Baru.

Ayat 22    Segeralah engkau lari berlepas dirimu kesana, karena tiada boleh Aku membuat barang sesuatu sebelum engkau sampai kesana. Maka sebab itulah disebut orang nama negeri itu Zoar.

Ayat 23    Maka matahari telah terbit diatas bumi apabila Lut masuk kedalam Zoar.

Maka diberi perintah untuk lari ke Zoar yaitu negeri yang kecil. Ini adalah bayangan sidang Filadelfia akhir zaman walaupun kekuatan mereka kecil, tapi berisi kebenaran Firman Tuhan didalamnya yaitu berisi matahari kebenaran yang bersinar di sidang Filadelfia (Perhatikan 7 sidang dalam Wahyu 2-3)..

Ayat 24    Setelah itu maka diturunkan oleh Tuhan atas Sodom dan Gomora hujan belerang dan api daripada Tuhan, yaitu dari langit.

Ayat 25    Maka dibongkar Tuhan akan segala negeri itu dan seluruh padang itu dan segala isi negeri itu serta segala tumbuh-tumbuhanpun yang ditanah itu.

Pembinasaan Sodom dan Gomora dengan api dan belerang dari langit. Ini menunjuk pada pembinasaan gereja type Sodom dan Gomora pada zaman Antikrist.

Ayat 26    Maka bini Lut itu menoleh ke belakang, lalu jadilah ia sebatang tiang garam.

Istri Lut jadi tiang garam. Tiang garam – keras (sukar sekali cair / meleleh / tidak ada asinnya.

Mereka yang keluar dari gereja type Sodom dan Gomora lalu teringat lagi pada perkara-perkara yang mula-mula (Sodom dan Gomora) akan mengalami :
1.Kematian iman.

  1. 2.Cinta menjadi tawar .Matius 5:13.

Ibrahim memandang Sodom dan Gomora yang telah binasa dengan penuh kasih walaupun dia sudah tawar menawar dengan Tuhan dalam Kejadian 18. Demikian juga Hamba-Hamba Tuhan harus mencontoi sifat Ibrahim disamping menyerang habis-habisan pelajaran palsu dan sesat tetapi harus berdoa untuk keselamatan mereka. Ingatlah yang terutama ialah Kasih, Galatia 5:22-23, 1 Korintus 13.

Ibrahim adalah bapa dari segala orang percaya. Untuk melakukan perkara-perkara tersebut di atas harus memakai iman, karena iman itu besar kuasanya Yakub 5:16-18. Ibrahim tawar menawar dengan Tuhan berhadapan muka dengan  muka dan tawarannya diterima yaitu Lut diselamatkan. Tetapi untuk keselamatan negeri  tidak di kabulkan dan orang-orang di dalamnya semua dimusnakan karena kereka tidak percaya pada Tuhan dan berbuat kejahatan.

Dalam penyembahan yang benar  Tuhan akan menyatakan kemuliaanNya yaitu Skina Glory nampak; maka penyembahan itu berkenan kepada Tuhan.Mereka yang melakukan penyembahan yang tidak sesuai dengan 1 Korintus 14:26-33 tidak  akan memandang kemuliaan Tuhan dan penyembahan akan menjadi sia-sia sebab Tuhan tidak bersuara pada penyembahan yang salah(suara Roh atau nubuatan).

Dalam penyembahan yang benar akan merasakan kehadiran Tuhan melalui suara nubuatan, penglihatan dan karunia lidah.

Ayat 30   Maka Lut itupun keluarlah dari negeri Zoar, lalu pergi diam digunung serta dengan kedua anaknya perempuan, karena takutlah ia duduk di Zoar, maka diamlah ia serta dengan kedua anaknya dalam sebuah gua.

Lut tiba di Zoar tapi takut akan orang Zoar lalu sembunyikan diri dalam goa, akhirnya jatuh dalam perzinahan. Mereka yang telah keluar dari gereja type Sodom dan Gomora tidak boleh takut karena orang yang penakut, tidak sempurna kasihnya, 1 Yahya 4:18. Bila takut pada manusia itu berarti mereka tidak mengasihi Tuhan dan FirmanNya sehingga mereka mudah jatuh dalam perzinahan Rohani.

Ayat 31-38

Lut mabuk air anggur karena kedua anaknya. Kejadian ini terjadi pada waktu malam hari lalu Lut berzinah karena telah mabuk. Karena goa yang gelap dan pada waktu malam hari, semua menjadi gelap untuk melaskukan kejahatan.

Kedua gadis ini berbuat demikian karena ingin mendapat keturunan atau ingin jadi banyak dengan cara yang tidak halal melainkan haram yaitu tidak sesuai dengan Firman dan Roh. Mereka meniru cara Sodom dan Gomora tatkala mereka merasakan kesunyian.

Di dalam gereja Sodom dan Gomora,sangat banyak jiwa-jiwa dan mereka banyak meniru atau mengambil contoh cara- cara Sodom dan Gomora (yaitu cara-cara duniawi untuk memenangkan jiwa-jiwa dengan cara yang salah), artinya tidak menurut Firman Allah dan Roh Allah tapi menurut cara-cara mereka sendiri.

Keturunan dari kedua anak Lut semuanya menjadi orang kafir yang Tuhan benci yaitu orang-orang Moabi dan Amoni. Karena bukan ditarik oleh Firman dan Roh tapi dengan cara-cara duniawi. Perbuatan mereka sangat mendukakan Roh Tuhan. Perbuatan dengan cara sendiri yakni dengan cara-cara membangun kecantikan dalam pandangan mata atau Eros.

Inilah dosa yang  diwarisi oleh kedua anak Lut dari gereja type Sodom dan Gomora.Dan diakhir zaman ini, banyak yang meniru cara-cara duniawi sebagaimana anak-anak Lut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: