Rahasia 70 Sabat (Daniel 9:22-27)

Tujuh Puluh Kali Tujuh Masa (70 SABAT)
DANIEL 9:22-27

KEGERAKAN BESAR dan KEGERAKAN ANTIKRIST

Gambar 70 Sabat dibuat untuk memudahkan dalam memahami secara terperinci tentang Kegerakan Besar (penuaian besar) selama 3,5 thn dan 3,5 tahun kerajaan Antikris. Sehingga kita mengetahui rencana Tuhan di akhir zaman. Didalam gambar tersebut diisi pasal-pasal kitab Daniel dan Wahyu.

Saya memberikan gambaran sebagaimana Daniel yang membuat sebuah rumah (Skema), kemudian akan dimasukan perabot-perabotnya; sesuai dengan penempatan fungsi dari perabot tersebut yaitu pasal-pasal dalam kitab Wahyu secara teratur pada peta zaman. Rahasia ini telah diungkapkan Tuhan pada Pdt. JH Waworuntu, S.Th (alm).

   Di ujung akhir zaman akan terjadi Kegerakan Roh Kudus secara penuh, untuk penyempurnaan gereja Tuhan menjadi Penganten kemudian terangkat sebelum 3,5 tahun zaman Antikris. Sekarang saatnya para hamba-hamba Tuhan diuji komitmennya pada pelayanan dan Tuhan yang menentukan siapa yang akan dipakaiNya pada Kegerakan Besar untuk membawa jemaat menjadi Penganten dan terangkat pada masa kedatangan Tuhan Yesus menjemput GerejaNya. (Wahyu 12:1-2,5-6.14). Sedangkan gereja yang tidak terangkat pada keangkatan gereja, akan masuk pada kerajaan Antikris. Mereka adalah gereja pemegang saksi Kristus dan pemegang hukum Allah (Wahyu 12:17)dan akan masuk pada zaman kerajaan Antikris selama 3,5 thn.

Kemudian kedatangan Tuhan Yesus yang kedua di bukit Zaitun mengahiri zaman Antikris, merantai iblis (Wahyu 20:1-2), membangkitkan orang-orang percaya, kemudian menuju ke Pesta Pernikahan Anak Domba selama 75 hari dilangit kemudian turun memerintah bersama dengan Kristus pada 1000 Tahun Masa Damai.

Tujuh puluh kali tujuh masa ditentukan untuk bangsa Israel dalam pemulihan dan penyelamatan. Terbagi dalam 3 bagian yaitu :

  1. 7×7 masa adalah pembangunan kembali tembok dan negeri Yerusalem.
  2. 62×7 masa adalah pemulihan bangsa Israel.
  3. 1×7 masa terbagi dua yaitu pemulihan rohani melalui Kegerakan Besar selama 3,5 tahun dan Kegerakan Antikris 3,5 tahun.

Inilah rencana Tuhan dalam program luarbiasa bagi bangsa Israel dan keselamatan manusia. 7×7 masa dan 62×7 masa = 69×7 masa berlaku mulai dari pembangunan tembok Yerusalem sampai Tuhan Yesus mati di kayu salib. 1x7 masa atau Satu Sabat terakhir (7 tahun) yaitu 3,5 tahun untuk Kegerakan Besar dan 3,5 tahun kerajaan Antikris akan terjadi diakhir zaman Rohkudus.

Doa dan permintaan Daniel pada Tuhan, didengar oleh Tuhan dan melalui malaekat Gabriel Tuhan menjawab dalam program penyelamatan umatNya melalui program 70 x 7 masa atau 70 sabat (Daniel 9:24) :

  1. Ditetapkan untuk bangsa Israel.
  2. Ditetapkan untuk kota kudus (Yerusalem).

Program keselamatan ini bertujuan untuk melenyapkan kefasikan, mengahiri dosa, untuk menghapus kesalahan, untuk mendatangkan keadilan yang kekal, untuk mengenapkan penglihatan dan nabi dan untuk mengurapi yang Mahakudus. Dan membangun Yerusalem sampai Almasih yaitu sampai Yesus Kristus datang. Jelas bahwa 7 x 7 masa sampai 62 x 7 masa sama dengan 69 x 7 masa atau 69 sabat. Adalah pembangunan kota dan pemulihan umatNya sampai Almasih disingkirkan atau di salib untuk menghapus dosa umatNya ( I Yohanes 1:7, Darah Yesus menyucikan kita dari dosa, I Petrus 1:18-19). Pembangunan kaabah Herodes adalah bagian dari pembangunan negeri. Setelah 69 x 7 masa Yesus disalib, maka ada 1 x 7 masa yang akan berlangsung di ujung zaman Rohkudus yaitu 3,5 tahun Kegerakan Besar dan 3,5 tahun Kerajaan Antikris.. Sedangkan 3,5 tahun pelayanan Yesus di dunia sudah termasuk pada 69 x 7 masa (Lihat gambar sebelum salib).

Jangka waktu pemulihan Yerusalem dan pembangunan kembali, dilakukan sampai datangnya seorang raja yaitu Almasih dengan pembagian sbb :

  1. 7 sabat (7 x 7 masa) = 49 tahun.
  2. 62 sabat (62 x 7 masa) = 434 tahun

Jumlah 49 + 434 = 483 tahun.

Dengan memperhatikan Firman yang keluar yaitu ketika Firman disampaikan pada Daniel, maka Tuhan menetapkan jangka waktu kedatangan Mesias yaitu diujung 69 x7 masa. Nabi Yesaya menubuatkan sekitar 700 tahun sebelum Yesus lahir dan nabi Mikha menubuatkan lokasi tempat Mesias dilahirkan.

Catatan sejarah :

Nehemia memohon pada Artahsasta I (Longimanus, 465-424) untuk kembali ke Yerusalem membangun tembok yang sudah roboh (Nehemia 2:1-10), yaitu pada bulan Nisan. Sebab para ahli astrologi Inggeis menyebutnya bahwa tanggal yang dimaksud Nehemia adalah jatuh pada 14 Maret 445 sM. Sebagaimana yang dicacat oleh Sir Robert Anderson bahwa keluarnya Firman 14 Maret 445 sM sampai Kristus disalib atau dihapuskan terjadi pada 6 April tahun 32 dan dalam perhitungan hari, berjumlah 173.880 hari. Jika dibagi dalam perhitungan tahun Yahudi, yaitu 1 tahun = 360 hari. Sama dengan dengan empat ratus delapan puluh tiga tahun (483 tahun) atau dalam perhitungan sbb :

14 Maret 445 sampai 6 April tahun 32 = 173.880 hari.

173.880 hari dibagi 360 hari = 483 tahun

69 sabat atau 69 x 7 masa = 483 tahun.

KEGERAKAN BESAR

Apa itu KEGERAKAN BESAR ? Kegerakan Besar adalah pencurahan Rohkudus secara penuh atau disebut Hujan Akhir dengan penuaian besar.Yaitu gerakan dasyat menjangkau jiwa-jiwa di lembah dunia dalam membangun dan menghidupkan mereka dengan Rohkudus(Yehezkiel 37:2-14)

Beberapa Peristiwa pada KEGERAKAN BESAR :

  1. Pelantikan lima jawatan (Epesus 4:11-12) Di awal Kegerakan Besar.
  2. Pencurahan Rohkudus secara penuh (Yehezkiel 47) air mengalir mulai dari mata kaki sampai tak terarung lagi. Air yang menghidupkan bagai sungai mengalir untuk memberi kehidupan, Yohanes 6:63, Yohanes 7:37-38.
  3. Tembok tembok or
  4. Aniaya besar-besaran.
  5. ganisasi runtuh dan menjadi satu, Yehezkiel 37:15-19
  6. Gereja akan disempurnakan (kesempurnaan roh, jiwa dan tubuh, I Tesalonika 5:23)
  7. Pemeteraian 144.000 (Wahyu 7)
  8. Keangkatan gereja Tuhan di awan-awan.Matius 24:29b-31.Wahyu 12:6,14.
  9. Kedatangan Tuhan Yesus Kristus di bukit zaitun.Zakharia 14:1-5.Wahyu 19:11-16.Kisah para rasul 1:11.

Dengan adanya Kegerakan Besar selama 3,5 tahun gereja menjadi satu yang disatukan oleh kekuatan Rohkudus dan firman pengajaran. Yaitu satu iman, satu Tuhan dan satu baptisan. Tuhan Yesus kepala gereja, jemaat anggotaNya sebagai tubuh Kristus.

I.PELANTIKAN 5 JAWATAN DIAWAL KEGERAKAN BESAR

Ada tiga hal tentang anugrah Rohkudus yang melengkapi GerejaNya dalam I Korintus 12:4-6, yaitu :

  1. Ada rupa-rupa karunia (9 Karunia Rohkudus – I Korintus 12:8-11)
  2. Ada rupa-rupa pelayanan (9 Jawatan Pelayanan – I Korintus 12:28-32 dan Paulus merincinya menjadi 5 jawatan – Epesus 4:11-12).
  3. Ada berbagai-bagai perbuatan ajaib (9 Buah Rohkudus – Galatia 5:22-23)

Sebelum Kegerakan Besar banyak orang percaya dilengkapi dengan karunia Rohkudus dan mereka berkarya di ladang Tuhan sesuai dengan panggilan masing-masing. Hal ini akan menjadi penilaian khusus dari Tuhan, untuk menentukan dan melengkapi mereka untuk memperoleh jawatan (I Korintus 12:11 :Tetapi semua ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendakiNya”).

Seseorang yang sudah dipercayakan Tuhan menerima karunia-karunia Rohkudus dan mempergunakan karunia itu dengan tulus, pengorbanan, komitmen, dan tetap berdiri teguh walau dihadang berbagai rintangan. Baik rintangan duniawi, maupun angin pengajaran dan tetap bertahan,maka mereka adalah calon-calon yang akan dilantik dan dipercayakan jawatan-jawatan Tuhan. Dan akan dipakai secara luar biasa pada 3,5 tahun Kegerakan Besar dalam tugas membangun Tubuh Kristus. Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan penegetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh dalam tingkat pertumbuhan sesuai dengan kepenuhan Kristus.

Diawal Kegerakan Besar, akan ada pelantikan Lima Jawatan dan Tuhan sendiri yang menentukan siapa yang akan dilantik dan yang pelantikannya sesuai dengan kinerjanya selama diladang Tuhan. perhatikan Kisah Para Rasul 13:2-3 : “Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Rohkudus : Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka. Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

Setelah kedua hamba Tuhan ini dilantik, mereka pergi dalam tugas dan Tuhan beserta dengan kuasa luar biasa.Dan dari kedua hamba Tuhan yang dilantik,nampak dalam pelayanan mereka bahwa Paulus dilantik sebagai RASUL sedangkan Barnabas hanya sebagai PENGINJIL. Demikian juga pelantikan pada awal Kegerakan Besar ada yang dilantik sebagai Rasul, Nabi, Penginjil, Guru dan Gembala.

Kelengkapan karunia Rohkudus pada tiap-tiap jawatan.

  1. Jawatan Rasul memiliki 9 karunia Rohkudus yaitu karunia perkataan hikmat, marifat, membedakan roh, mujizat, kesembuhan, iman, karunia lidah, karunia mengartikan bahasa roh, karunia nubuat.
  2. Jawatan Nabi memiliki 7 karunia Rohkudus yaitu karunia nubuat, marifat, karunia lidah, karunia membedakan roh, karunia iman, karunia mengertikan bahasa roh, karunia nubuat.
  3. Jawatan Penginjil memiliki 6 karunia Rohkudus yaitu karunia perkataan hikmat, iman, mujizat, kesembuhan, karunia lidah atau berkata-kata dalam bahasa roh, karunia membedakan segala roh.
  4. Jawatan Gembala memiliki 5 karunia Rohkudus yaitu Karunia hikmat, marifat, karunia lidah, karunia mengartikan bahasa roh, karunia nubuat.
  5. Jawatan Guru memiliki 3 karunia Rohkudus yaitu karunia hikmat, marifat, karunia lidah atau bahasa roh.

Jelas bahwa kelengkapan karunia yang dipercayakan Tuhan pada Hamba-hambaNya harus dipertahankan dan mengunakan karunia dengan benar. Sebab jika hamba-hambaNya yang dipercayakan Tuhan dengan karunia-karunia dan tidak tahan uji dan tidak menjadi hamba yang benar, maka Tuhan yang punya karunia akan mencabut dan mempercayakan pada orang yang berkenan dan yang dipilihNya. Sebagaimana Yudas Iskariot, Raja Saul, Nabi Zedekia bin Kenaana, nabi tua di Betel.

Memasuki Kegerakan Besar hamba-hambaNya akan dilantik dan mereka diutus keseluruh bumi. Memberitakan kabar penganten Kristus yaitu Injil Kerajaan diberitakan keempat penjuru alam untuk membangun gerejaNya sampai sempurna roh, jiwa dan tubuh. Hamba-hambaNya disertai dengan kuasa luar biasa sesuai karunia yang dipercayakan dan bergerak mulai dari Timur ke Selatan, Utara dan berakhir di Barat, kecepatannya ditiup oleh nafas Tuhan mendorong bagaikan air mengalir ditempat sempit (Yesaya 59:19, Yeheskiel 47)

22 Komentar

  1. franklien

    Puji Tuhan saya merasa sangat di berkati untuk mengetahui jalan menuju keselamatan.

  2. Maju terus Safari Indonesia Penuh Urapan dalam mengemban Visi dan Misinya keseluruh Nusantara, agar banyak jiwa diselamatkan dan siap menanti kedatangan Tuhan sebagai mempelai laki-laki Surga.

    Tuhan beserta.

  3. Shallomm..! Akhirnya pengajaran kabar penganten sudah disebarkan ke seluruh dunia.biarlah roh allah terus bekerja. Amen..

  4. Jimmy Budiharto

    Puji Tuhan , Tuhan memberkati pelayanan Pdt Rolly dan Team, dan Tuhan tolong agar pengajaran Kabar Penganten Kristus semakin diterima dan didengar oleh masyarakat luas.

    • Tuhan berkati selalu didoakan ya biar menjadi berkat bagi banyak orang amin.

      • yusuf minggu

        mohon maaf mungkin salah cetak terdapat pada penjelasan kitab daniel tertulis :
        1. 7×7 masa
        2. 62×7 masa
        3.7×7 masa seharusnya 1×7 masa yaitu 1 masa terakhir.

      • ya benar salah ketik….Tuhan berkati perbaikannya…pak Yusuf dan kel diberkati Tuhan….nanti saya perbaiki….GBU

  5. Luar biasa pengajaran Kabar Pengantin Yesus sudah di internet sehingga banyak yg liat dgn penasaran & semoga banyak yg dipanggil utk diselamatkan Tuhan Yesus, Amin

    • amin tkx doakan ya biar menjadi berkat untuk kemuliaan nama Tuhan
      Tuhan berkazti Aditya…

  6. Haleluyah puji TUHAN YESUS KRISTUS,
    sungguh luar biasa pengungkapanNYA… kiranya TUHAN YESUS KRISTUS akan terus terus menyingkapkan tabir rahasiaNYA agar ramai jiwa beroleh keselamatan.
    TUHAN MEMBERKATI USAHANYA PAK….. TERUS MAJI K.P.K

    • tanks saudaraku Kornelius doakan untuk kemuliaan nama Tuhan….Tuhan berkati selalu

  7. * MAJU

  8. Dq Runtu

    Shalom…
    jgn pernah merasa bangga bila tidak turut di angkat, itu sama saja mengingini murka Tuhan (Why 6:16-17)
    Sbb jika org tdk di angkat pada masa 3,5 thn paruh kedua dari 7 thn, mereka akan mengalami 7 murka Tuhan yg maha dahsyat (Why 15:5-8).
    Tribulasi atau masa padang pasir/sukar akan di alami semua org bersama2 pada 3,5 thn masa paruh pertama, tdk terkecuali org percaya (Mat 24:22). Tuhan Yesus akan datang di awan2 untuk menjemput semua org percaya setelah masa 3,5 pertama dan baru di curahkan murka Tuhan yg dasyat itu, kitab Yesaya 24:17-20. mengtakan “yang masuk dalam pelubang, dan naik akan jatuh dalam pelubang yg lain”, begitu seterusnya sampai tinggal sedikit penduduk di bumi, dan di akhir 7 thn Tuhan Yesus dan para malaikat serta org2 kudus akan turun turun berperang mengalahkan naga besar si ular tua. Why 12:9.
    Jadi berusahalah terangkat di tengah-tengah masa 7 thn, dgn setia berdoa, baca firman dan melakukan firman..!

    • saudaraku Dg Runtu Tuhan berkati kunjungan dan komentarnya…..sangat tepat pemahaman kita….maafkan ya hanya ada hal yaitu penempatan ayat saja yg coba saudaraku teliti lagi yaitu….diakhir 7 thn TYK akan turun dgn org2 kudus lebih tepat menggunakan wah 19:11-16…sampai 21….sebab wahyu 12:9 adalah peristiwa peperangan di langit anatar Mihael dgn Naga terjadi dimuka zaman antikris atau pertengahan 7 thn yaitu ketika naga di kalakan dlm peperangan,maka naga itu di lemparkan ke bumi dan masuk dp 3,5 thn ke 2 nubuatan Dabiel zaman antikris…dan naga itu memberiukan seluruh kekuatannya,kuasa,tahta pd oknum antikris Wah 13:1-3..dan antikris berkuASA PENUH…sedaangkan di akhir 7 thn TYK datang menangkap iblis dan langsung dipenjarakan selama 1000 thn….maaf ya hanya peletakan ayat saja…Tuhan berkati saudaraku….

  9. Remi Lamalera

    Untuk perbandingan dan tambahan wawasan saja, siapa yang layak disebut ‘MEMPELAI Sejati” dari sudut pandang Ibrani : Download pengajaran “Shavuot/Pentakosta dan Mempelai Mesias Sejati” di http://kehilatmesianikindonesia.podomatic.com/enclosure/2013-05-19T09_15_49-07_00.mp3
    atau dengarkan di http://kehilatmesianikindonesia.podomatic.com/entry/2013-05-19T09_15_49-07_00

  10. syalom pendeta, maaf saya bingung membaca penjelasan nubuatan daniel wahyu pak pendeta dan bahasan eskatology dan antikrisnya karena saya juga membaca dr yg lainnya dimana saya temukan pendeta yg satu jelaskan seperti ini yang lain jelaskan lain padahal topik dan ayat yang sama menggunakan alkiab yang sama. coba mari mungkin baik pendeta atau komentator di sini dapat sama sama baca dr apa yg saya baca sebagai masukan mana penjelasan yg alkitabiahnya dimana saya membaca penjelasan detail di http://nubuatanalkitabaz.blogspot.com mungkin kita bisa mencari tau bersama dr berbagai sumber penjelasan manakah sebenarnya yg alkitabiah dan lebih bisa di terima semoga kt semua di pimpin roh kudus sehingga membantu 0rg seperti saya mungkin pelajar2 alkitab yg sungguh sungguh tdk bingung. terima kasih pendeta.

    • Tuhan berkati saudaraku Honoto…..memang jika hanya membaca sekali akan sangat sulit…sayapun belajar bertahun2 baik kitab Danil,wahyu…sy doakan jika dibaca lagi sambil minta Rohkudus menuntun pasti Tuhan akan bawa pd pengertian sambil meneliti peta…Tuhan berkati sdh berkunjung dan mengambil bagian dlm komentar…..suxes selalu dlm Tuhan

      • Saya percaya bahwa Tuhan Yesus, akan datang kembali. Hanya saja saya tidak dalam pijakan “Nubuat Dari 70 X 7” itu masih ada 1 masa yang “disisakan” dan belum tergenapi, karena hal ini bertentangan dengan Matius 11:13.

        “Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes”

      • ok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: