Ibadah Pola Tabernakel

Photobucket

IBADAH DENGAN LITURGI TABERNAKEL.

    Ibrani 9:1.Memang perjanjian yang pertama juga mempunyai peraturan-peraturan untuk ibadah dan untuk tempat kudus buatan tangan manusia.

          Ibrani 12:28.Jadi,karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan,marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada ALLah menurut cara yang berkenan kepadaNYA,dengan hormat dan takut.

Dalam ibrani 9:1 dijelaskan tentang peraturan-peraturan sesuai dengan kehendak Tuhan yaitu.

  1. Peraturan untuk ibadah Ibrani 9:1,a.
  2. Peraturan untuk tempat kudus buatan tangan manusia.Ibrani 9:1,b.

PERATURAN UNTUK IBADAH.

Dalam suatu ibadah, Tuhan akan hadir jika ibadah tersebut berkenan padaNya.Dan jika ibadah tersebut tidak berkenan,maka Tuhan tidak akan hadir.Amos 5:21-23.Yesaya 1:12-18.Matius 15:8-9.Kolose 2:18-23.

  • Nabi Amos mengatakan bahwa ibadah Israel dibenci Tuhan,yaitu Tuhan tidak senang dengan perkumpulan raya,tidak suka dengan korban-korban,jaukan dari keramaian nyanyian-nyanyian Tuhan tidak mau dengar dan Tuhan tidak suka.Amos 5:21-23.
  • Nabi Yesaya mengatakan bahwa Tuhan jenuh dengan korban bakaran,persembahan yang tidak sungguh menjadi bau kejijikan.Tuhan tidak mau melihat perayaan raya,pertemuan-pertemuan tetap; Tuhan benci melihat.Apabila menadahkan tangan untuk berdoa,Tuhan tidak mau lihat,mendengar dan memalingkan muka.Yesaya 1:12-18.
  • Tuhan Yesus mengatakan bahwa bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya,tapi hatinya jauh dari Ku.Maka percuma mereka beribadah kepadaKU karena ajaran-ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.Matius 15:8-9.
  • Rasul Paulus suratkan pada jemaat kolose bahwa peraturan-peraturan ini walaupun nampaknya penuh hikmat,dengan ibadah buatan sendiri tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.kolose 2:18-23.
  • Paulus suratkan pada jemaat Roma bahwa  mereka sungguh-sungguh giat untuk Allah tapi tampak pengertian yang benar,karena tidak mengenal kebenaran dan hanya mendirikan kebenaran sendiri.R0ma 10:1-3.

Sebelum saya akan bahas lebih lanjut mari kita perhatikan Firman Tuhan dalam .Ayub 9:20 Sekalipun aku benar,mulutku sendiri akan menyatakan aku tidak benar;sekalipun aku tidak bersalah,Tuhan sendiri akan menyatakan aku bersalah.Membaca ayat ini bahwa sesungguhnya kita semua membenahi hal-hal yang belum sesuai dengan kebenaran.Sebagaimana dalam II Timtius 3:16.Segala tulisan yang di ilhamkan ALLah memang bermanfaat untuk mengajar,untuk menyatakan kesalahan,untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

  Kita semua berusaha untuk mencapai suatu ibadah yang berkenan dan sesuai dengan kehendak Tuhan.Supaya Tuhan berkenan hadir dalam ibadah yang kita bangun.Tujuan ibadah, bukan semata-mata mengejar berkat materi, tetapi mengejar berkat Ilahi untuk mendengar Firman dan menper0leh kemuliaanNya.Dan berkat rohani, berkat materi,dan jasmani akan diberikan kepada kita sebagai janjiNYA.

Liturgi  Ibadah dengan mengambil c0nt0h terang tabernakel adalah s0lusi mencapai suatu ibadah raya penuh dengan hadirat Tuhan.Sebab Paulus mengatakan bahwa segala sesuatu harus berlangsung dengan s0pan dan teratur(I K0rentus 14:40).Sopan dalam berpakaian,duduk,memuji,bunyi-bunyian musik,menyembah dan teratur sesuai dengan Firman bukan dengan akal.

     Sebagaimana ibadah Israel,mereka mendengar suara Tuhan,melihat kemuliaan pada posisi kamar maha suci,walaupun mereka berada di halaman.Demikian juga suatu ibadah raya dengan memuji-muji Tuhan dan setelah mendengar Firman dan menyembah Bapa dalam r0h dan kebenaran,maka kemuliaanNya turun dan nampak dalam penglihatan dan suara R0h terdengar melalui karunia-karunia Rohkudus.

Paulus sampaikan bahwa tiap-tiap kali kamu berkumpul,hendaklah tiap-tiap 0rang mempersembahkan sesuatu:1.Mazmur.2.pengajaran(Nubuatan).3.penyataan Allah (Penglihatan) 4.karunia bahasa roh,5.Karunia untuk mengertikan bahasa roh(menafsir)I.Korentus 14:26.

  Ketika pujian dan penyembahan hadir dalam suatu gereja,maka gereja sangat bertumbuh dan nampak bahwa orang-0rang percaya sangat haus dengan pujian dan penyembahan.Tapi jika gereja masuk pada peyembahan dalam r0h dan kebenaran,maka gereja akan penuh dengan karunia-karunia R0hkudus.Sebab ketika masuk pada penyembahan dalam roh dan kebenaran,dan diukur dalam terang tabernakel,p0sisi penyembahan berada pada mezbah Dupa.Maka penyembahan dalam roh dan kebenaran, harus dengan s0pan dan teratur bagaikan angin sepoi penuh dengan kesungguan dalam penyerahan dan ketenangan, maka Tuhan akan nyatakan kehadiranNya.I.K0rentus 14:40.Sebagaimana yang dikatakan dalam I Raja-raja 19:9-17.Ketika angin besar,Tuhan tidak bersuara.Ketika gempa,api, Tuhan tidak bersuara.Tetapi setelah bunyi angin sep0i-sepoi basa maka Tuhan bersuara apa kerjamu Elia?.Sebab itu, jika penyembahan kita bagaikan gempa bumi,atau didorong oleh api emosi,atau angin ribut yaitu suasana tak terkendali,maka Tuhan tidak akan bersuara.Tetapi jika peneyembahan bagaikan angin sepoi,penuh ketenangan penuh penyerahan dengan kesungguan meyembah, maka Tuhan hadir dan menyatakan kehadiranNya melalui karunia-karunia Rohkudus.Demikian di taman eden ketika angin silir terdengarlah langka Tuhan di taman eden dan bersuara Adam-adam dimanakah engkau?(Kejadian 3:8-9,Terj lama).

     Jemaat Laodekia adalah jemaat yang kaya secara jasmani,sebab mereka tidak berkekurangan dan mereka memperkaya diri.Namun Tuhan mengatakan bahwa mereka miskin, buta, telanjang.Mengapa demikian,karena Tuhan tidak ada dalam jemaat laodekia sebab kesombongan mereka.Tapi Tuhan mengasihi jemaat ini supaya mereka membenahi rohani mereka.Maka Tuhan mengetuk pintu jika mereka mau membuka pintu maka Tuhan akan masuk dan makan bersama.Jelas bahwa Tuhan tidak ada ditengah jemaat laodekia,karena itu Tuhan mengetuk pintu untuk masuk.Wahyu 3:14-22.

LITURGI IBADAH SESUAI DENGAN TABERNAKEL.

  1. Pintu gerbang–————————————Doa pembukaan.
  2. Mezbah korban bakaran————————Puji-pujian,kesaksian,persembahan korban
  3. Kolam pembasuhan——————————menyucikan hati dan pikiran.
  4. Pintu kemah—————————————-Doa Pemberitaan firman.
  5. Pelita emas(kaki dian)—————————menyalakan karunia- karunia Roh.
  6. Meja Roti pertunjukan————————–Pemberitaan Firman dan perjamuan kudus.
  7. Mezbah dupa————————————— Penyembahan dalam roh dan kebenaran.
  8. Pintu tirai——————————————–Menyembah dalam penyerahan sungguh2.
  9. Peti perjanjian————————————- Masuk dalam hadirat Tuhan,mendengar suara Roh(Nubuatan)penglihatan,karunia Roh dan mengartikan bahasa roh.Doa safaat dan berkat selesai.

bersambung

33 Komentar

  1. hmm,,
    kapan sambungannya nich Pak??

    • ya kemaris sy sdh sambung tabernakel sorga…nanti sampai minggu depan …ya.Tuhan berkati andrian..

      • julti

        shalom om,,,sambungan nya ada ya,,,ini benar2 pengajaran dari Tuhan,,,luar biasa om ,Tuhan berkati slalu dlm pelayanan dan keluarga,

      • belum sempat…doakan Ps Julti

      • belum nanti doakan ya

  2. Tuhan memberkati =)

  3. Malianus25

    Amien…..semakin maju membawa berita kerajaan Allah
    Tuhan Yesus memberkati

    • Tuhan memberkati saudaraku Malianus…doakan selalu hanya untuk kemuliaan nama-Nya saja amen

  4. Ibrani 9:1.Memang perjanjian yang pertama juga mempunyai peraturan-peraturan untuk ibadah dan untuk tempat kudus buatan tangan manusia.

    Ibrani 12:28.Jadi,karena kita menerima kerajaan yang tidak tergoncangkan,marilah kita mengucap syukur dan beribadah kepada ALLah menurut cara yang berkenan kepadaNYA,dengan hormat dan takut.

    .Tetapi jika peneyembahan bagaikan angin sepoi,penuh ketenangan penuh penyerahan dengan kesungguan meyembah, maka Tuhan hadir dan menyatakan kehadiranNya melalui karunia-karunia Rohkudus.Demikian di taman eden ketika angin silir terdengarlah langka Tuhan di taman eden dan bersuara Adam-adam dimanakah engkau?(Kejadian 3:8-9,Terj lama)

    shallom bapak..

    ada 3 hal yg ingin saya tanyakan.
    1. Bapak mengatakan menurut ibrani 9:1 frasa “peraturan ibadah” itu apakah menunjuk kpd LITURGI BAKU yg diinginkan Tuhan Yesus kepada gereja akhir jaman?

    2. bagaimanakah implementasi ayat itu dalam frasa ” ibadah dg rasa hormat dan takut” ? sy belum menemukan dalam pembahasan bapak.

    3. menurut Kej 3:8-9 saat di taman eden bertiup angin sepoi/lembut, barulah KEDENGARAN langkah kaki TUHAN. Mohon maaf saya agak confused dg pembahasan bapak, karena setelah sy baca ayat tsb dlm terjemahan lama dan baru, tidak mencantumkan kata “langkah” dan “angim sepoi/lembut”

    mohon konfirmasi .
    maturnuwun bapak, Shallom.

    • Tuhan berkati saudaraku Asmarandanasth…
      1.Bapak mengatakan menurut ibrani 9:1 frasa “peraturan ibadah” itu apakah menunjuk kpd LITURGI BAKU yg diinginkan Tuhan Yesus kepada gereja akhir jaman?……..jawapan saya adalah,,,,ya inilah liturgi baku ibadah yang disejajarkan pola tabernakel yang dirohanikan….mengapa demikian ? jika kita mengetahui rahasia ibadah yang di ajarkan Tuhan pada umatNya Israel melalui nabi Musa,,,,sangat banyak sari2 rohani yang kita serap disana ….karena Roma 15:4 sebab segala sesuatu yang di tulis dahulu,telah ditulis menjadi menjadi pelajaran bagi kita,supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari kitab suci….saya telah berkeliling di indonesia dan juga di beberapa negara pada berbagai organisasi gereja dan banyak yang saya temui,bahwa semua akan mencari hadirat tapi banyak tidak memperoleh karena Tuhan belum berkenan hadir…..karena morat,marit dalam ibadah itu,,mulai dari cara berpakaian,,layaknya seperti berkunjung di sebuah mall,nampak daging2 ,,,cara2 duniawi masuk dalam ibadah,,,dan ada beberapa ibadah layaknya sebuah panggung hiburan,tim musik hanya melayani musik dalam pujian dan setelah datang pada pemnberitaan firman mereka semua hilang tidak mau dengar Firman,,, dan nampak para jemaat terhibur sesaat,tapi sayang rohani mereka tidak perna bertumbuh…..saudaraku boleh membaca jemaat Laodekia kaya tidak kekurang tapi penuh kesombongan,,apakah Tuhan ada pada jemaat laodekia,tidak saudaraku…maka Tuhan berkata lihat Aku di depan pintu siapa yang membuka pintu,Aku akan masuk..dimanakah Tuhan???ada di luar jemaat tapi Tuhan cinta jemaat ini dan menawarkan mau masuk jika buka pintu hati mereka..(Wahyu 3:20.)
      2.bagaimanakah implementasi ayat itu dalam frasa ” ibadah dg rasa hormat dan takut” ? sy belum menemukan dalam pembahasan bapak…jawapan saya……rasa hormat dan takut sendirinya akan nampak,jika kita beribadah dengan penuh kerinduan mengikuti kehendak-Nya (I.Korentus 14:20)dengan sopan dan teratur sesuai dengan aturan firman….mengapa ada rasa hormat dan takut????karena Tuhan hadir dan berbicara melalui Firman dan melalui karunia Rohkudus dalam suatu penyembahan,,,,dan jika Tuhan menghendaki akan membuka isi hati jemaat melalu karunia baik melalui nubuatan,penglihatan…sebagaimana jemaat laodekian,mereka pikir aktifitas ibadah mereka telah berkenan.Tapi Tuhan membuka dan menegur dengan keras kamu miskin,telanjang,buta ,takterkasihani,demikian jemaat epesus(Wahyu 2:1-7) dalam kasad mata aktifitas ibadah mereka terpuji,,,tdk kenal lelah,berani mati demi nama Tuhan,tidak suka dusta..tapi Tuhan katakan bertobat sebab apa,????mereka telah meninggalkan kasih mula2 ….jika pada ibadah kita ada jemaat yang dipercayakan Tuhan karunia2 Rohkudus,,,maka jemaat itu pelita mereka menyala dan tidak ada yang tersembunyi semua nampak terlihat melalui teropong Rohkudus…maka jemaat akan rasa takut karena tidak ada yang tersembunyi …….inilah implementasi dalam frasa ibadah rasa takut dan hormat….
      3.artinya saudaraku kehadiran Tuhan akan menemui manusia ciptaan-Nya dalam keadaan penuh kesejukan yang bermakna bukan dalam keadaan kekacauan…kejadian 3:8 dan juga ketika Tuhan mau bertemu dengan Elia pada waktu api Tuhan tidak ada,angin taupan,gempa Tuhan tidak ada dan ketika angin sepoi2….I.Raja2.19:11-12…kej 3:8 angin silir….dalam terjemahan bode…
      Tuhan berkati saudaraku…….Asmarandanasth semoga menjadi berkat

  5. aladin

    Yg dimaksud ibadah pola tabernakel apakah rundown acara ibadah di gereja?

    Jika mezbah korban bakaran = korban Kristus, berarti selama ini acara Altar Call yg diselenggarakan setelah pemberitaan Firman dan sebelum perjamuan kudus membuat urutan ibadah pola tabernakel yg ditulis diatas salah donk?…dari point 6 kembali ke point 2 dulu baru lanjut…..

    Dengan begitu sesi warta jemaat (biasanya setelah kotbah) dapat dipastikan tidak sesuai dg ibadah pola tabernakel karena tidak ada benda tabernakel yang mewakilinya?…

    Mohon pencerahan, sehingga ibadah saya lebih suci dan alkitabiah….

    • saudaraku Aladin Tuhan berkati telah berinisiatif bertanya dan nampak saudaraku telah membaca dulu kemudian bertanya….jawapan saya bahwa suatu ibadah dengan pola tabernakel yang saudara baca tidak sekedar rundown jika didalami benar2 membangun suatu ibadah dengan penuh makna mencapai hadirat-Nya….dan akan sampai pada puncak hadirat yaitu adanya Rohkudus berkarya dalam penyembahan(Mezba Dupa)dan terdengar dalam penyembahan sebagaimana yang dikatakan Rasul Paulus dalam I.Korentus 14:29 yaitu adanya mazmur (nyanyian dalam roh),pengajaran,ada penyataan Allah(penglihatan,visiun)adanya karunia bahasa roh,adanya karunia mengartikan bahasa roh untuk membangun…semua dengan peraturan dengan sopan daqn teratur(I Korentus 14:40)……tentang Alltar call yaitu sesudah pemberitaan Firman dan penyembahan dalam roh dan kebenaran,,,sebagaimana dalam pelayanan imamat Imam besar setelah sampai pada peti perjanjian(Kamar Maha Suci)imam besar kembali ke halaman untuk memberkati umat-Nya….disanalah letak seorang pelayan yang mengerjakan tugas memberkati umat yaitu yang sakit disembukan,yang lemah,yang bermasalah,dll mendapat urapan setelah seorang pelayan telah mengerjakan pekerjaan-Nya dulu kemudian jemaat mendapat berkat,,,,.sedangkan sesi warta jemaat itu sudah diluar ibadah……….Tuhan memberkati saudaraku,,,Aladin

  6. STANLY TAGHUPIA

    1 korintus 14:26,Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.

    ibadah dengan pola tabernakel adalah ibadah yang mewujudkan kesatuan sidang jemaat,dgn karunia-karunia roh kudus untuk membangun sidang jemaat,menguatkan,meneguhkan,bahkan juga kalau diijinkan Tuhan akan menegur sidang jemaat sehingga membawa sidang jemaat menjadi dewasa Rohani dan pada akhirnya menikah dengan Tuhan yesus Yesus sebagai kepala gereja.

    ibadah dengan pola tabernakel akan membawa kepada gereja yang bukan saja memiliki pelita/firman tetapi juga memiliki minyak( karunia-karunia roh kudus )/gereja dewasa yg terus disempurnakan,sehingga sidang jemaat akan seperti 5 gadis dara yang bijkasana ( matius 25 :4 )yg siap sedia menyongsong datangnya mempelai laki-laki( Tuhan Yesus ).

    MAJU TERUS PEKABARAN PENGANTEN,.TUHAN BERKATI.

  7. STANLY TAGHUPIA

    Rahasia terwujudnya kuasa Tuhan di bumi dan di sorga akan terlaksana dalam IBADAH POLA TABERNAKEL ( RAHASIA IBRANI 9 ),Namun yang anehnya bahwa didalam gerejanya para Prof, Dr. Theologia dan para sarjana Alkitab (para pakar alkitab/ ahli taurat) bahwa liturgy seperti itu TIDAK ADA WUJUDNYA/TDK TERWUJUD di sana, dan barangkali liturgy Tubuh Kristus inilah salah satu firman Tuhan yang telah diserongkan dan ditolak dan yang harus dibongkar pada akhir zaman.untuk dikembalikan kepada apa yang Tuhan Yesus Kristus kehendaki lewat pekerjaan ROH KUDUS/PELAYANAN ROH,

    SEMANGAT TERUS PAPI ROLLY,TERUS BERITAKAN DAN BUKAKAN RAHASIA PEKABARAN PENGANTEN BUAT SEGALA BANGSA,AMEN,TUHAN BERKATI.

    • haleluya…mari kita terus bersama2 mewujudkan maksud Tuhan dalam membangun rohani melalui ibadah sesuai dengAN POLA TABERNAKEL yang dirohanikan…amen

  8. syalom pk Pdt saya sangat terkesan dengan tulisan” kabar pengantennya
    dan saya rindu untuk menyebarkan ke teman -teman saya ,, tapi kalu bole saya minta semua gambar – gambar kabar penganten yang asli yang bisa dibuat ukuran baliho pak kalau bsa semuanya yah pak soalnya gambar yang saya ambil gak bgus gmbarnya ini email saya
    raytrueworshipers@gmail.com…..

    • saudaraku Rayimanuel Tuhan berkati telah berkunjung..silakan sebarkan untuk kemuliaan Tuhan…Dan Tuhan berkati selalu saudara…amen

      • ari

        Yesus berkata aku datang bukan untuk meniadakan hukum taurat melainkan untuk menggenapinya,tabernakel adalah gambaran ibadah masalalu dan perjanjian baru adalah bayangannya,alat dalam tabernakel telah dijarah karna sebagian besar dari emas murni yang mahal harganya,

      • Tuhan berkati saudaraku Ari

      • amin

      • Amin…

      • ari

        dan Allah tidak pernahenciptakan aturan tabernakel dengan percuma yang sekarang mulai dilupakan,hanya wujud yang sekarang dilihat dari segi rohani,misalkan mezbah:penyembahan..Puji Tuhan kedatangan Tuhan sudah dekat,hendaklah kita mengerti kehendak Allah dengan benar dan peka.amin

      • Tuhan berkati

      • Tuhan berkati saudaraku Ari

      • Doakan spy byk yg mengerti..

      • Tuhan berkati saudaraku

  9. Paul W

    Apa yang dimaksudkan menikah dengan Tuhan Yesus Kristus, adakah yang bisa memisahkan Allah Tritunggal? Jika Mempelai itu harus dewasa rohani, maka dimana posisi-posisi anak-anak? Kata Mempelai ini hurufiah ataukah kiasan?

    • saudaraku Paul dalam II korentus 11:2 Paulus menyampaikan tetang hubungan gereja dgn Tuhan Yesus dalam bentuk bertunangan.Jelas ada pesan disana tetang kedewasaan gereja…Pernikahan adalah satu penyatuan yaitu ketika gereja dewasa dan disempurnakan tubuh,jiwa dan roh,maka gereja menyatu dengan Dia sebagai mempelai yaitu sebagai kepala gereja dan jemaat anggota tubuh Nya…sedangkan kanak-kanak rohani,tebtu tdk menyatuh sebagai tubuh pengantin…mungkin bisa dilihat pada pelajaran Wahyu 12…Tuhan berkati saudaraku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: