Tabernakel Surga

Penulis : Pdt.Rolly Rorong.S.Th.

Persamaan TABERNAKEL MUSA dan TABERNAKEL SURGAWI

Ketika Tuhan membangun tempat kudusNya di bumi, maka Tuhan memerintahkan kepada  nabi Musa membangun Tabernakel. Tabernakel yang dibangun nabi Musa atas petunjuk Tuhan dan sesuai dengan gambaran Tabernakel Sorga. Ibrani 8:5-6, Ibrani 9:1-10.

Ibrani 8:5.Pelayanan mereka adalah gambaran dan bayangan dari apa yang ada di Sorga,sama seperti yang diberitahukan kepada Musa,ketika ia hendak mendirikan kemah: “Ingatlah“, demikian FirmanNya,Bahwa engkau membuat semuanya itu menurut contoh yang telah ditunjukkan kepadamu di atas gunung itu.

TABERNAKEL SURGA.

  1. Pintu gerbang.Wahyu 4:1.-——————–-Di Surga ada pintu gerbang untuk masuk ke surga.Ketika Tuhan telah menunjukkan beberapa penglihatan(wahyu)pada Yohanes,maka untuk menunjukan selengkapnya pada Yohanes dengan memanggil Yohanes  naiklah ke mari Aku akan menunjukkan kepadamu apa yang harus terjadi sesudah ini.Dan melalui pintu gerbang surga Yohanes naik.Demikian juga Yakub melihat tangga yang dihubungkan dengan surga dan para malaikat Tuhan naik turun.Dan Yakub mengatakan inilah pintu gerbang surga.(Kejadian 28:12-17)
  2. Mezbah korban.Wahyu 6:9-10————-Mezbah di sorga adalah tempat jiwa-jiwa orang-orang kudus yang dibunuh (yang dikorban)oleh karena Firman dan kesaksian tentang Kristus.Jumlah orang -orang kudus yang akan mati dibunuh oleh karena Firman dan kesaksian,telah ditentukan oleh Tuhan dalam sebuah daftar.Dan walaupun mereka menuntut balas,tapi pembalasan dari Tuhan nanti akan dilaksanakan setelah genap jumlah mereka yang akan di aniaya yaitu digenapi sampai meterai ke V,masuk meterai ke VI keangkatan gereja dan masuk meterai ke VII zaman antikris barulah pembalasan digenapi dengan peniupan 7 sangkakala dan pencurahan 7 murka.
  3. Laut Kaca.Wahyu 4:6-————-Lautan kaca bagaikan kristal adalah menunjuk pada kaca Firman tempat orang percaya bercermin yaitu apakah ia telah melakukan perbuatannya sesuai dengan Firman.(Yakobus 1:19-25)dan menjadi alat kaca pembesar untuk melihat seluruh  dunia dari Arays yaitu tidak ada satupun yang tersembunyi dihadapanNya. (Ibrani 4:12-13).Kesaksian..ada teman saya hamba Tuhan dibawah oleh Tuhan rohnya ke arays dan Tuhan berkenan kepadanya ke latan kaca dan ia melihat seluruh dunia dalam segala aktifitas makluk….amin.
  4. 24Takhta dan yang duduk adalah 24 Ketua-ketua yang memakai pakaian putih dan makota emas  dikepalanya.Wahyu 4:4————ada empat bagian yang disebut dalam ayat 4 yaitu :
  • Arasy adalah menunjuk pada pemerintahan Bapa.
  • Tahkta adalah menunjuk pada tempat bersemayam Bapa.
  • Mahkota emas adalah menunjuk pada mahkota Raja.
  • Pakaian putih adalah menunjuk pada pakaian kesucian dan pakaian kebenaran.

    Rasul Yohanes tidak nampak muka ke 24 ketua dan 24 ketua-ketua itu dalam wahyu 5:8 masing-masing memegang kecapi dan masing-masing memegang cawan emas penuh dengan kemenyan yaitu doa-doa orang kudus.Ke 24 tua-tua yang duduk pada 24 takhta itu adalah 12 rasul gereja hujan awal dan 12 rasul gereja hujan akhir.12 Rasul gereja hujan awal yang diketuai oleh rasul Petrus dan 12 Rasul gereja hujan akhir,akan dipilih dan akan dilantik sebagai rasul di awal kegerakan besar 3,5 tahun nubuatan Daniel 9.Demikian rahasia 12 bintang di makota perempuan suci dalam wahyu 12:1.Lukas 22:30.Bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

5.Tujuh pelita wahyu 4:5–————- 7 pelita di hadapan arasy menyala-nyala yaitu ketujuh Roh Tuhan. menunjuk pada kelengkapan kuasa yang sempurna dan pekerjaan Roh Tuhan yang sempurna terpasang atau menyalah adalah menunjuk bahwa Bapa,Roh dan Yesus Kristus tidak berhenti bekerja yaitu terus menyala.Bagi gereja Tuhan yang kaki diannya menyala dan pada tiap kaki dian itu terdapat 7 pelita yaitu menunjuk pada Rohkudus bekerja sempurna dalam sidang jemaat  itu.Yang dimaksud dengan 7 Roh menunjuk pada kesempurnaan bukan pada bilangan.Karena itu,jemaat Epesus dalam wahyu 2:1-7,kelihatannya mereka beraktifitas hebat dalam kegiatan rohani mereka;tapi Tuhan katakan bertobatlah kalau tidak kaki dian akan diambil ditengah mereka.Mengapa demikian ? karena walaupun mereka terpuji dalam beraktifitas,tapi mereka telah meninggalkan kasih mula-mula yaitu Roh tidak menyala-nyala dalam jemaat.Walaupun mereka beraktifitas,tapi tidak sungguh-sungguh lagi bekerja dalam pelayanan hanya sekedar,bersunggut-sungut,mempunyai motifasi tertentu,melayani tapi penuh kedagingan.Sedangkan 7 Roh Tuhan yang diutus di bumi adalah ke 7 tanduk dan 7 mata yaitu Anak Domba.Wahyu 5:6.

6.Mezbah Emas.Wahyu 8:3-5————Mezbah emas berada di hadapan Bapa tempat persembahan doa orang-orang kudus.Sedangkan mezbah pertama tempat jiwa-jiwa orang yang dikorbankan demi mempertahankan Firman dan kesaksian yang mereka miliki yang telah di daftar yaitu mereka yang harus dianiaya(Wahyu 6:9-12).Sedangkan pada mezbah emas adalah tempat proses pencampuran murka yang diisi dengan api,doa orang kudus, dan melemparkan ke bumi itulah pembalas darah-darah mereka yang menjadi korban. Inilah dikatakan Tuhan dalam wahyu 6:10  yaitu tunggu sedikit masa kemudian darah-darah mereka mendapat pembalasan yaitu dengan peniupan 7 sangkakala dan 7 murka ditumpahkan pada zaman kerajaan antikris.

7.Anak Domba Allah dan 4 makluk sorga Wahyu 4:6-8.Wahyu 5:6.–—–-Anak domba Allah adalah Tuhan Yesus Kristus (I.Korentus 5:6)Yohanes 1:29 lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.Wahyu 5:6,Seekor Anak Domba  seperti telah disembeli bertanduk 7 dan bermata 7 adalah dikorbankan untuk menyelamatkan secara sempurna umat manusia yang percaya padaNya(7 tanduk).Dan 7 mata adalah 7 Rohkudus yang diutus menyelamatkan orang percaya.Karena itu,ketika 7 Roh itu datang pada ke 7 jemaat di asia kecil,maka semua keberadaan rohani jemaat kelitan jelas,supaya mereka membenahi rohani mereka setelah terlihat kekurangan yang ada pada jemaat.

Empat makluk adalah menunjuk pada 4 injil yaitu :

  • Muka seperti singa menunjuk pada injil Matius yaitu injil yang menulis Yesus sebagai Raja.Nampak pada matius pasal satu dalam susunan Raja-raja.
  • Muka seperti anak  lembuh menunjuk pada injil Markus yaitu menunjuk pada Yesus sebagai Hamba.(Markus 3:31-35)
  • Muka seperti muka manusia menunjuk pada injil Lukas yaitu menunjuk pada Yesus sebagai anak manusia.Nampak pada Lukas 3:23-37 dalam susunan silsila Yesus sebagai anak manusia.
  • Muka seperti burung nasar yang sedang terbang menunjuk pada Yesus sebagai Anak Allah.Nampak dalam Yohanes pasal satu.Yesus adalah Firman,Yesus adalah Firman yang menjadi daging dan sebagai Anak Domba Allah(Yohanes 1:29).

8.Takhta Allah.Wahyu 4:3.Pelangi—————–Takta adalah tempat bersemayan Bapa yang btak terhampiri dan tidak dapat dilihat oleh siapapun(I Timotius 6:16.)Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut,bersemayang dalam terang yang tak terhampiri.Seorangpun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia.Bagi-Nyalah Hormat dan kuasa yang kekal.Bapa tidak dapat dilihat oleh manusia dan yang dilihat adalah gambar Bapa yaitu Kristus(Kolose 1:15)Sebab di dalam Kristus berdian berdiam secara jasmani seluruh kepenuhan kealahan(Kolose 2:9)Karena itu Tuhan Yesus Kristus mengatakan pada Pilipus Barangsiapa telah melihat Aku,ia telah melihat Bapa dan Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku.(Yohanes 14:8-11).

=Pelangi(Busur-Ku Ku-taruh di awan) Kejadian 9:13-——-Busur diawan atau pelangi adalah tanda perjanjian antara manusia dengan Tuhan ditetapkan yaitu jika manusia melihat pelangi di awan itu berarti Tuhan ingat akan janjinya pada manusia.(Kejadian 9:13-15)

9.Berlaksa-laksa Malaekat surga Wahyu 5:11————- Ada 7 susunan Malaekat sesuai jabatan yaitu :

  1. Malaekat Michael adalah penghulu malaekat.Daniel 10:13,Yudas 1:9.
  2. Malaekat chaerub atau buntang kejora(Lusifer).Yesaya 14:12-14.
  3. Malaekat Gabriel adalah malaekat pembawa berita Dari Bapa.Lukas 1:19.
  4. Malaekat imamat adalah malaekat ibadah yaitu malaekat yang ditugaskan mengawasi ibadah.Maleakhi 3:16 Wahyu 8:3-5.
  5. Malaekat Serafin adalah malaekat sekitar Arasy yang ditugaskan untuk membawa api suci menyucikan manusia yang diperkenankan Bapa.Yesaya 6:1-6.
  6. Malaekat penghibur adalah malaekat pemuji.Lukas 2:13.
  7. Malaekat pengawal bertugas mengawal orang percaya.Mazmur 34:8.

Penulis : Pdt Rolly Rorong.S.Th.

Tinggalkan komentar