Dari Taman Eden ke Yerusalem Baru


PENDAHULUAN

Taman Eden adalah suatu taman yang sangat indah yang diciptakan Tuhan. Dan Tuhan menempatkan Adam dan Hawa tinggal di taman itu. Tetapi  karena Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, maka Tuhan mengeluarkan mereka dari taman Eden. Dan menutup taman itu supaya manusia tidak masuk dan makan buah pohon kehidupan. Sebab jika mereka makan buah pohon kehidupan yang ada di taman itu,mereka akan hidup selama-lamanya dalam dosa;karena mereka telah jatuh dalam dosa. (Kejadian 3:22).

Maka Tuhan menyelamatkan manusia dalam program  penebusan.  Dan menyiapkan  tempat  baru  bagi yang percaya yaitu  YERUSALEM BARU yang akan turun dari Sorga di BUMI BARU. Yerusalem baru adalah tempat Adam kedua dengan  penganten-pengantenNya. Sedangkan yang tidak membangun menjadi penganten Kristus berada di dunia baru.

Untuk mencapai Yerusalem Baru dalam program penebusan, dimulai ketika manusia pertama jatuh dalam dosa. Program  penyelamatan ini disebut MINGGU PENEBUSAN. Sebab Tuhan menebus dan menyelamatkan manusia melalui korban yaitu mengambil kulit binatang yang dikorbankan dan kulitnya diambil untuk menutupi ketelanjangan manusia pertama. Dan  dengan hukum yang bertambah dari zaman ke zaman, dan berpedoman pada Minggu Kejadian (penciptaan) selama enam hari dan hari ketujuh  Tuhan  memberkati  perbuatan  tanganNya. Maka Tuhan datang di taman Eden, mencari manusia dan menutup ketelanjangan mereka dengan kulit binatang. Pada waktu itulah mulainya perhitungan penebusaanmenyelamatkan manusia yang disebut Minggu Penebusan. Sebab maut mulai berkuasa pada zaman Adam  (Roma 5:14)yaitu sejak Zaman Adam sampai Zaman Musa, maut berkuasa atas manusia. Maka manusia membangun keselamatan dalam perdamaian dengan Tuhan  dengan membawa korban binatang. Supaya mereka dibenarkan dengan darah korban perdamaian itu. Sebagaimana Tuhan mengorbankan binatang untuk mendapatkan kulit, dan menutup ketelanjangan Adam dan Hawa di Taman Eden. Demikian juga Habel, Nuh, Abraham sampai zaman Musa, mereka mengadakan perdamaian dengan Tuhan melalui korban binatang.Kejadian 8:21-22, Kejadian 15:5-10, Keluaran 12.

Tetapi untuk mencapai Yeruslem baru, Tuhan Yesus Kristus telah menjadi korban di Golguta. Dan  menebus gerejaNya serta menyiapkan tempat di Surga yaitu Yerusalem Baru yang turun dari Surga di bumi baru. Yohanes 14:1-6, Yohanes 1:29, Yohanes 3:16. Wahyu 21:2. Tidak semua orang percaya akan masuk pada Yerusalem Baru tetapi hanyalah gereja Tuhan yang membangun rohani menjadi Penganten. Sebagaimana 10 anak gadis menanti penganten laki-laki datang dan hanya 5 anak gadis yang menyediakan minyak dan pelita yang diperkenankanNya sebagai penganten (Matius 25:1-13).

 MINGGU KEJADIAN

Tuhan menjadikan langit dan bumi serta isinya dalam enam hari dan hari ke tujuh Bapa mengucap syukur atas ciptaanNya. Disebut Minggu Kejadian atau Minggu Penciptaan selama enam hari.                                                              

Berfirmanlah Allah jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisakan siang dan malam,biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun. Kejadian 1:14.

Di zaman modern sekarang ini, kita banyak mendengar para ilmuwan menyebut waktu dengan mengatakan berjuta-juta tahun yang didasari dengan penelitian ilmiah dari apa yang mereka temukan. Hal ini menunjuk bahwa ada kehidupan terjadi berjuta-juta tahun silam. Misalnya teori ilmiah Charles Darwin mengatakan bahwa asal manusia dari kera.Teori ini mengeritik Akitab yang di tulis pada kitab Kejadian Pasal Satu. Sedangkan teori Charles Lyall (ahli geologi), ia mengatakan bumi ini sudah miliaran tahun juga mengeritik Alkitab. Sebab kedua teori ini, sangat mengganggu iman. Tetapi harus diketahui bahwa Charles Darwin berlatar belakang ateisme. Dengan adanya teori evolusi Darwinnisme dan teori geologi uniformitarianisme, telah membangunkan pakar-pakar Alkitab untuk menjaga keutuhan iman orang percaya dengan lahirnya sanggahan-sanggahan teori tersebut.

Musa yang dipercayakan Tuhan menulis kitab Kejadian (Genesis ) mengetahui kejadian penciptaan itu. Sebab ia mendapat informasi lengkap dan jelas melalui wahyu dari Tuhan. Karena ia seorang nabi yang sering bertemu dengan Allah. Sekian kali Musa diperkenankan Tuhan bertemu dengan Dia. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Keluaran, Bilangan, dan Ulangan. Bahkan di zaman Yesus Kristus, Musa diperkenankan turun dan bertemu dengan Yesus di atas gunung yang disaksikan oleh Petrus, Yohanes  dan Yakobus (Matius 17). Dengan demikian Minggu Kejadian adalah proses penciptaan langit dan bumi oleh Allah. Mulai  hari  pertama sampai hari keenam bumi dilengkapi untuk menjadi tempat kehidupan manusia. Untuk itulah Allah menciptakan manusia sesuai gambar dan teladanNya. Dengan tercipta ciptaanNya dalam perhitungan waktu kewaktu dari hari  pertama sampai hari keenam, dan hari ketujuh Allah mengucap syukur atas ciptaanNya inilah yang disebut Minggu Kejadian. Memang ketika manusia diciptakan dan Tuhan menempatkan mereka di taman  Eden, dan umur mereka belum dihitung namun mereka sudah berada dalam lingkaran waktu. Nanti ketika manusia berbuat dosa, maka umur mereka mulai dihitung. Sebab Tuhan berkata pada hari kamu makan buah pohon yang dilarang itu, pastilah engkau mati (Kejadian 2:17).

Demikian juga jarak waktu ketika binatang-binatang hidup tanpa di hitung umur binatang itu. Memang Tuhan telah tentukan sebuah benda untuk menjadi alat penghitung hari  dan tahun- yaitu benda-benda penerang untuk memisahkan siang dari malam namun umur manusia belum dihitung. Karena didalam manusia diciptakan kekekalan. Tetapi ketika manusia jatuh dalam dosa, maka umur manusia dihitung karena hukum Firman Tuhan berlaku. Sebab apabila manusia makan buah yang dilarang itu, maka menjadi batas waktu manusia itu hidup dan umur manusia dihitung. Sebab itulah ketika para ahli meneliti umur fosil yang mereka temukan, maka mereka menyebutnya berjuta-juta tahun.

Batas Minggu Kejadian sampai pada hari ketujuh yaitu ketika Tuhan mengucap syukur atas ciptaanNya. Sedangkan manusia jatuh dalam dosa, sesudah hari penciptaan. Jadi tidak mengherankan kalau para ahli mengatakan bahwa bumi ini berjuta-juta tahun. Namun prinsip Firman, terperinci dengan adanya perhitungan Minggu Kejadian dan Minggu Penebusan.

MINGGU KETEBUSAN

Iblis berusaha menggagalkan rencana Allah dengan menipu Hawa. Maka Adam ikut serta berdosa bersama Hawa (peristiwa taman Eden). Dengan peristiwa itu menyeret manusia pertama berdosa dan mandat Allah pada manusia diambil alih oleh Iblis. Dalam Kejadian 1:26-28 adalah mandat Allah pada manusia yang Tuhan ditetapkan. Tetapi, ketika manusia jatuh dalam dosa maka seluruh dunia dibawah kekuasaan iblis, I Yohanes 5:19. Karena setiap orang berbuat dosa, melanggar  hukum Allah sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah, I Yohanes 3:4.

Berfirmanlah Allah:Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita,supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh Bumi dan atas Segala binatang melata yang merayap dibumi.Maka Allah menciptakan manusia itu,menurut gambarNya,menurut gambar Allah diciptakanNya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan Nya mereka. Allah memberkati mereka lalu Allah berfirman kepada mereka Beranak cuculah dan bertambah banyak;penuhilah bumi dan taklukanlah itu,berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap dibumi. Kejadian 1:26-28.

Kita tahu bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh Dunia berada dibawa kuasa si jahat. I Yohanes 5:19.

Iblispun berusaha menggagalkan Adam yang kedua yaitu Yesus (I Korintus 15:45).Oleh karena pengorbananNya di golguta, maka lahirlah mempelai perempuan. Dengan menebus gerejaNya yang lahir dari rusuk kiri, ketika tombak prajurit ditancapkan pada lambung kiri Yesus (Yohanes 19:34. II Korintus 11:2). Maka  gereja atau jemaat dikatakan sebagai penganten perempuan yang dibangun dan diperhadapkan pada penganten laki-laki (II Korintus 11:2).  

Awal masuknya Minggu Penebusan,  ditandai dengan datangnya Pencipta di Taman Eden dengan memanggil :Adam…Adam… Adam, dimanakah engkau ?”. Iblis berfikir bahwa Allah akan memusnahkan manusia ciptaanNya karena dosa; tetapi justru Dia datang menutupi ketelanjangan manusia dengan kulit binatang dalam program penyelamatan pada minggu penebusan. (Kejadian 3:21).

Demikianlah manusia mengetahui yang jahat dan yang baik, karena itu mereka di usir dari Taman Eden dan manusia tinggal memilih apa yang mereka lakukan baik atau jahat. Jadi proses penebusan penyelamatan manusia dari tahun ke tahun, melalui korban binatang sampai pengorbanan di kayu salib oleh Anak Domba Allah sebagai korban menebus dosa manusia.

Gambar minggu kejadian dan minggu penebusan

 

 

Keterangan gambar:

Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan segala isinya mulai hari pertama sampai keenam dan hari ketujuh Dia menguduskan dan mengucap syukur atas ciptaanNya. Pada waktu itu Adam dan Hawa sudah ditempatkan di Taman Eden dalam waktu kekal. Tetapi setelah manusia jatuh dalam dosa, barulah masuk pada perhitungan Minggu Penebusan.

Pada mulanya manusia diciptakan sempurna menurut peta dan teladan Allah dan batas umur belum dihitung. Tetapi umur mereka akan dihitung, jika melanggar hukum. Hukum keselamatan yang berlaku pada waktu itu adalah : Larangan jangan makan buah pohon yang berpengetahuan tentang yang baik dan yang jahat (Kejadian 2:17). Sebab ketika mereka melanggar dengan memakan buah larangan itu, maka pada hari itu juga lahirlah kematian yang membatasi umur manusia. Dan karena manusia telah makan buah larangan itu, saat itulah umur mereka dihitung. Dan umur Adam hanya mencapai 930 tahun (Kejadian 5:5) berarti manusia tidak mencapai satu hari. Sebab satu hari bagi Tuhan sama dengan seribu tahun bagi manusia (II Petrus 3:8.Mazmur 90:4).

Sebelum manusia jatuh dalam dosa, umur mereka belum dihitung, karena mereka sempurna dan kekal. Tetapi setelah jatuh dalam dosa, maka manusia harus mengalami proses penuaan sesuai dengan panjangnya umur manusia (Pengkhotbah 3:17).

Berkatalah aku dalam hati:Allah akan mengadili baik orang yang benar maupun yang tidak adil,karena untuk segala hal dan segala pekerjaan ada waktunya. Pengkhotbah 3:17.  

Di antara Minggu Kejadian dengan Minggu Penebusan ada jarak waktu yang tidak dihitung yaitu dalam kekekalan. Dan ketika manusia jatuh dalam dosa, maka maut mulai menguasai manusia dan  mautlah yang membatasi umur manusia. Dan mulailah Minggu Penebusan dengan mengorbankan binatang untuk mengambil kulitnya dan dipakaikan pada ketelanjangan manusia, adalah permulaan penebusan penyelamatan manusia, Kejadian 3:21.

Demikian juga korban binatang di atas mezbah oleh Nuh, menjadi tanda perdamaian manusia dengan Allah dan Allah berjanji tidak akan menghukum manusia lagi dengan air bah, (Kejadian 8:20-21). Dan penebusan terus berlangsung dengan korban binatang oleh Abraham, maka Tuhan merencanakan membentuk dan menyelamatkan sekelompok manusia dalam satu bangsa, (Kejadian 15:9-18). Dan dari Mesirlah Tuhan menyelamatkan bangsa Israel dengan mengorbankan binatang (Domba) yang disebut tanda Paskah. Dengan darah Paskah menyelamatkan umat Israel, dan dengan daging Paskah memberi kekuatan pada mereka (Keluaran12). Domba paskah diambil pada tanggal 10 dan disimpan selama empat hari yaitu sampai hari 14, kemudian disembelih pada waktu petang. Mempunyai arti yang sangat dalam yang menunjuk pada penebusan sempurna oleh Yesus Kristus di kayu salib.

Dalam perhitungan 4 hari bagi Tuhan, sama dengan 4000 tahun bagi manusia yang dihitung mulai dari menutup ketelanjangan manusia dengan kulit di Taman Eden ketika manusia berbuat dosa. Dan dengan menyimpan domba sebagai penebus selama empat hari yaitu empat hari bagi Tuhan sama dengan 4000 tahun bagi manusia. Dalam pengertian 2000tahun Zaman Bapa yang dihitung dari Adam dan 2000 tahun Zaman Anak. Jelas bahwa Yesus sebagai Anak Domba disembelih di ujung Zaman Anak (pada waktu petang) menebus dosa seisi dunia. Dialah domba Paskah  (I Korintus 5:7)dan darahNya menyucikan dosa kita (I Petrus 1:19-20, I Yohanes 1:7). Dengan demikian iblis telah dikalahkan (I Korintus 15:55). Dan melalui lambung sebelah kiri Adam kedua yaitu Yesus, maka lahirlah mempelai perempuan   (IKorintus15:14, II Korintus11:2, Yohanes 19:34). Sama dengan Hawa yang diambil dari lambung kiri Adam. Demikianlah tahun-tahun  penebusan dihitung.

Alkitab telah mencatat dan menghitung waktu-waktu dalam perhitungan tahun untuk mencapai hari-hari dan untuk lebih mudah dimengerti baik dalam perhitungan cara ilmiah maupun cara propetic. Maka kami membaginya dalam bentuk zaman yaitu  :

  • 2000 tahun Zaman Bapa
  • 2000 tahun Zaman Anak,
  • 2000 tahun Zaman Roh kudus dan
  • 1000 tahun Masa Damai.

Dalam rencana keselamatan penebusan umat manusia dengan perhitungan satu hari bagi Tuhan sama dengan 1000 tahun bagi manusia, Mazmur 90:4, II Petrus 3:8. Dan disejajarkan dengan enam hari Minggu Kejadian sama dengan 6000 tahun Minggu Penebusan dan hari ketujuh adalah 1000 tahun Masa Damai.

Pada tahun 1130-1202, Joachim dari Fiore telah membagi sejarah menjadi tiga bagian yaitu Bapa, Putra dan Rohkudus. Ia berkesimpulan bahwa zaman ketiga adalah zaman Rohkudus. sedangkann Annette dan Jeff Hammond telah menulis secara terperinci dalam penggalian Firman untuk pembuktian peta zaman. Sedangkan Pdt. J.H.Waworuntu, S.Th. memberi penjelasan tentang peningkatan hukum yang berlaku dari zaman ke zaman, dengan membawa gereja menjadi Mempelai. Kemudian disingkirkan ke awan-awan  selama 1260 hari(3,5 tahun), dan bertemu dengan orang-rang percaya yang dibangkitkan pada kebangkitan pertama di awan-awan;kemudian menuju pesta 75 hari di angkasa  dan turun ke bumi memerintah dengan Kristus selama 1000 tahun  masa damai. Sampai Gereja Penganten di tempatkan di kota kudus Yerusalem Baru.(I Tesalonika 4:13–18.Wahyu 12:6,14)

Ahli Kronologi DR.Martin Austey dalam risetnya yaitu penyelidikan mereka yang mengacu dan disejajarkan dengan isi Alkitab yaitu:

  • 2000 tahun zaman Bapa,dari Adam sampai Abraham.(Zaman Bapa-bapa)
  • 2000 tahun zaman Anak dari Ishak sampai Kristus.(Zaman anak-anak)
  • 2000 tahun zaman Rohkudus yaitu dari pencurahan Rohkudus pada hari pentakosta sampai kebangkitan pertama dan pesta Anak Domba.

Jelas bahwa Minggu Penebusan selama enam hari bagi Tuhan, sama dengan 6000 tahun dalam perhitungan manusia dan setelah 6000 tahun masuk pada 1000 masa damai.

 2000 TAHUN ZAMAN BAPA

Disebut zaman Bapa karena Alkitab telah mencatat tentang adanya bapa-bapa yaitu Adam adalah bapa semua orang yang hidup (I Korintus 15:45, Roma 5:14). Nuh adalah bapa semua orang hidup setelah air Bah (Kejadian 7:7,23.10:32). Abraham adalah bapa segala orang percaya (Roma 4:11).Demikian bukti yang disebut zaman bapa yaitu mulai dari Adam sampai Abraham. Keselamatan pada Zaman Bapa,hanya perorangan dan keluarga.Keselamatan hanya dengan percaya (iman) ditambah dengan sunat adalah ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan untuk keselamatan manusia pada zamannya.

Sebagaimana Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya kemudian,ia Mati, Kejadian 4:26, Kejadian 15:6, Roma 4:13, Kisah Rasul13:36.

Lahirlah seorang anak laki-laki bagi set juga dan anak itu dinamainya Enos waktu itulah orang mulai memanggil nama Tuhan. Kejadian 4:26.

Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan maka Tuhan memperhitungkan hal itu sebagai kebenaran.Kejadian 15:6.

Sebab bukan karena hukum tourat telah diberikan janji kepada Abraham dan keturunannya bahwa ia akan memiliki dunia tetapi karena kebenaran berdasarkan iman.Roma 4:13.

Sebab Daud melakukan kehendak Allah pada zamannya lalu  ia mangkat dan dibaringkan disamping nenek moyangnya dan ia memang diserakan kepada kebinasaan.Kisah para rasul 13:36.

Pada Zaman Bapa orang percaya belum mengenal baptisan air dan baptisan Rohkudus sebab belum zamannya. Jadi keselamatan di Zaman Bapa hanya dengan percaya (iman) dan di sunat SELAMAT. Rasul Paulus telah menulis dua zaman yaitu zaman Bapa dan Zaman Anak dalam suratannya pada jemaat Roma dengan menyebut zaman Adam dan zaman Musa dengan pengertian Adam mewakili zaman Bapa, dan Musa mewakili zaman Anak. Roma 5:14.

Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai pada zaman Musa. Juga atas mereka,yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang dubuat oleh Adam yang adalah gambaran Dia yang akan datang. Roma 5:14.

Dan Rasul Paulus telah menulis bahwa maut telah berkuasa pada kedua zaman yaitu zaman Bapa (Adam)dan zaman Anak (Musa). Tetapi kasih karunia Allah tidak sama dengan pelanggaran Adam. Sebab jika karena pelanggaran satu orang, semua orang telah jatuh kedalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karuniaNya yang dilimpahkanNya untuk keselamatan manusia karena satu orang. Yaitu Yesus Kristus telah mengalahkan maut dan menebus dosa bagi mereka yang percaya (I Korentus 15:54-55).Peristiwa ini terjadi di ujung Zaman Anak dengan memerdekakan umatNya.Setelah itu, masuk pada Zaman Rohkudus yaitu ketika Rohkudus dicurahkan pada 120 murid di Yerusalem, Kisah Rasul 2:1-4.

Zaman Bapa berakhir pada Ishak anak Abraham. Sebab Tuhan mulai membangun Zaman Anak dengan lahirnya anak tunggal Abraham. Dan dari 12 anak Yakub Tuhan membangun satu bangsa pilihanNya. Untuk menempati janjiNya pada Abraham supaya menempati tanah Kanaan menjadi milik keturunannya (Kejadian 15:13-21).

2000 TAHUN ZAMAN ANAK

 2000 tahun zaman Anak dihitung mulai dari anak Abraham yaitu Ishak sampai Kristus. Pada awal Zaman Anak terjadi kelahiran ajaib yaitu Ishak anak tunggal adalah anak perjanjian. Dan akhir dari Zaman Anak lahir anak ajaib yaitu Yesus Anak tunggal Dialah Anak Domba Allah. Sebagaimana Ishak dipersembahkan sebagai korban tanda kasih Abraham, demikian juga Yesus Kristus Anak Domba Allah dipersembahkan untuk menebus dosa isi dunia adalah tanda kasih Bapa menebus dosa isi dunia, Kejadian 22:1-19, Yohanes 1:29.

Pada keesokan harinya,Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata:Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.Yohanes 1:29.

Kesamaan lain adalah ketika Abraham memerintahkan Elieser mencarikan pendamping bagi anaknya Ishak,  Elieser membawa perlengkapan penganten yaitu emas, perak pakaian penganten. Perlengkapan tersebut diberikan untuk calon penganten. Dan Elieser bertemu dengan Ribkha dengan suatu tanda yang ia minta dari Tuhan. Setelah itu Elieser membawa Ribkha bertemu dengan Ishak. Demikian juga Yesus Kristus sebagai tanda kasih Bapa mengorbankan AnakNya di Golgota untuk mendapatkan  Penganten (GerejaNya).

Rohkudus menyiapkan semua perlengkapan yaitu Emas menunjuk pada pakaian ilahi, Perak pakaian penebusan dan pakaian Penganten untuk melengkapi penganten, yaitu Firman dan Rohkudus menjadi kepribadian penganten perempuan. Kemudian Rohkudus dengan kekuatanNya membawa Gereja ke awan-awan, bertemu dengan Yesus Kristus, Kejadian 24:1-67, Matius 24:30-31.

Pada waktu itu akan nampak tanda Anak manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Mausia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya. DanIa akan menyuruh keluar malaekat-malaekatNya dengan meniup sangkakala yang dasyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihanNya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu  ke unjung langit yang lain. Matius 24:30-31                                   

Tuhan membangun keselamatan pada zaman Anak, dimulai dari anak Abraham yaitu Ishak sampai pada anak Bapa yaitu dalam membangun keselamatan satu bangsa, Kejadian25:23.

Firman Tuhan kepadanya :Dua bangsa ada dalam kandunganmu,dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahim mu;suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain,dan akan yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda. Kejadian 25:23.

Dan Tuhan memilih Yakub untuk menjadikan bangsa kepunyaan Nya, dibangun dari dua belas anak Yakub, Amos 3:2, Maleakhi 1:2, Keluaran 19:5.                                                         

Hanya kamu yang Kukenal dari segala kaum dimuka bumi,sebab itu Aku akan menghukum kamu karena segala kesalahanmu.Amos 3:2

Aku mengasihi kamu,firman Tuhan.Tetapi kamu berkata:dengan cara bagaimanakah Engkau mengasihi kami? Bukankah Esau itu kakak Yakub? demikianlah Firman Tuhan. Namun Aku mengasihi Yakub. Maleakhi 1:2.                                              

Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan FirmanKudan berpegang pada perjanjianKu maka kamu akan menjadi harta kesayanganKu sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh Bumi.Keluaran 19:5.

Dan Tuhan membangun keselamatan untuk satu bangsa melalui anak yaitu Yakub dengan  membentuk suatu bangsa dari keduabelas suku. Dan menjadi banyak di  Mesir, sampai genap Perjanjian yang dijanjikan Tuhan pada Abraham  bahwa keturunan keempat akan memiliki tanah perjanjian. Dan Tuhan menyelamatkan mereka dari penindasan di Mesir. Dan dibawa ke tanah perjanjian  yaitu tanah  Kanaan, tapi sebelum sampai di Kanaan, Tuhan memberi Firman sebagai petunjuk keselamatan yang diterima oleh Musa di gunung Sinai. Yaitu kesepuluh Hukum Tourat dan segala syaratnya. Dan Tuhanpun mengutus nabi-nabi menyampaikan Firman untuk keselamatan umat pilihannya pada zaman Anak. Dan mereka disebut PENGANTEN, Yermia 2:2.

Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan:beginilah Firman Tuhan:Aku teringat pada kasihmu pada masa mu damu,kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengaten,bagaimana engkau mengikuti Aku dipadang gurun,dinegeri yang tiada tetaburannya. Yermia 2:2.                                                                                                                   

Keselamatan pada zaman Anak adalah dengan melakukan sepuluh Hukum taurat dan syarat-syaratnya ditambah dengan hukum teakhir yaitu datang ke sungai Yordan untuk dibabtis sebagai tanda keselamatan dengan lari dari murka Allah (Matius 3:5-7).

Setelah Yohanes pembaptis selesai bertugas,maka berakhirlah zaman Anak yaitu datangnya Yesus Kristus Anak Tunggal Bapa.Dan dikorbankan dibukit Golguta, rela mati di kayu salib untuk menebus dosa seisi Dunia. Maka keselamatan bukan lagi untuk satu bangsa,tetapi untuk segala bangsa.Yohanes 3:18, Yohanes 1:18,29.

Dan ketika Yesus bangkit dan naik ke sorga, Ia mencurahkan Rohkudus di Yerusalem sebagai tanda masuknya zaman Rohkudus. Dan di ujung zaman Anak,Yesus Kristus membawa Injil pada pelayanan selama tiga setengah tahun untuk menambah dan melengkapi hukum yang berlaku dan menyempurnakan Hukum Taurat dan masuk pada Hukum Anugrah dan Kebenaran. Yohanes 1:17, Lukas 16:16.

Sebab hukum taurat diberikan oleh Musa,tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.Yohanes1:17.

Hokum taurat dan kitab para nabi,berlaku sampai pada zaman Yohanes dan sejak waktu itu,kerajaan Allah diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya. Lukas 16:16.

Gambar 3,5 tahun pelayanan Tuhan Yesus Kristus                                                    

20 Komentar

  1. Djen Oroh

    Haleluyah…
    Tulisannya makin lengkap… Makin berkualitas… Puji Tuhan. Kudoakan Hikmat Tuhan makin dicurahkan kepada Pdt Rolly, kiranya Tuhan makin membukakan rahasia Firman Tuhan, makin menyatakan rahasia pembentukkan karakter Kristus (sempurna) dalam hidup gereja penganten. Haleluyah…
    Selain tulisan makin berbobot, foto/gambar Pak Rolly juga makin keren, dengan senyum khas… Haleluyah… Terus maju, kabarkan injilnya diseluruh bangsa

    • amin Tuhan berkati pdt Jen Oroh semakin berkarya.tks doa dan dorongannya amin salam buat kel rekan-rekan dan jemaat.

  2. susan kalesaran

    puji Tuhan, kita lebih dikuatkan…, tulisan ini menjadi berkat bg banyak orang
    maju terus om Rolly.. Tuhan memberkati

    • amin…pdt susan Tuhan beserta selalu kel dan pelayanan dan salam dari kami buat ibu dan gembala dan jemaat gereja cahaya rohkudus.Duykung dalam doa ya Tuhan berkati

  3. HERRY JM RONDONUWU

    PUJI TUHAN HALLELUYAH TIM SAFARI AKAN SEMAKIN DIPAKAI TUHAN DAN DOA KAMI SUKSES SELALU,SELAMAT BERJUANG KAMI AKAN SELALU MENANTI KEHADIRAN TIM SAFARI UNTUK MEMBERKATI..
    PROVENSI RIAU
    DR HERRY RONDONUWU & JEMAAT GESBA PEKANBARU
    GBU🙂

    • amin Doakan selalu…Tuhan beserta sealu….

      • alyce

        Terima kasih Pdt. Dengan hasil penulisan ini saya mampu membagikan dan menjelaskan kepada orang lain tentang akhir zaman dan siapa kristus yang sebenarnya…

      • Tkx Tuhan berkati telah berkunjung dan meneruskan berita ini kepada orang lain…..untuk menjadi berkat….haleluya

  4. pedang pora

    shallomm…
    cerita yg seru nih pak.. dri kejadian -wahyu terungkap dg jelas..

    sy mau nanya pak..
    apakah 1 hari adalah 1000th? standar perhitungan waktu spt itukah yg dianut dalam alkitab?

    2 Petrus 3:8 Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

    mohon jawaban pak
    Gbu

    • shalom terima kasih sudah bertanya,,,perhitungan 1 hari adalah 1000 tahun sesuai dgengan firman yaitu dalam maz 90:4 dan II petrus 3:8,,,bahwa 1 hari bagi Tuhan sedangkan bagi manusia itu 1000 tahun…ini perhitungan stadar Firman Tuhan,,,,,Tuhan berkati ya

  5. Sungguh tulisan pewahyuan ini MEMBERKATIKU dan akan disebarkan ke sahabat dan saudaraku,makasih Pak Pdt Rolly kami doakan semakin dipakai Tuhan amim

    • Tuhan berkati saudari Winda Wilar sudah mengambil bagian untuk menyebarkan pelajaran ini….semua untuk kemuliaan nama Tuhan..

  6. STANLY TAGHUPIA

    seperti halnya perjalanan dari eden sampai yerusalem baru,begitupun juga tingkatan Rohani umat Tuhan ( organisme ) haruslah terus dibangun sampai tingkat yang sempurna ( perhatikan pembangunan 7 tingkat iman dlm Tabernakel yg dirohanikan),teruslah maju untuk membangun tempat kediaman Roh Kudus ( 1 kor 3:16,1 kor 6:19) sampai kita menikah dengan Tuhan YESUS KRISTUS,AMIN.

    • amen…Tuhan telah menerangi dengan firman jalanNya menuju Yerusalem Baru…tetaplah berjuang untuk mencapai Yerusalem baru sebab disana tempat mempelai Surgawi tinggal….

    • amen standar pembangunan gereja awal telah didasari Petrus yang dipercayakan kunci kerajaan Surga…maka Petrus membuka kunci kerajaan surga dengan 3 hal yaitu 1.bertobat…2.memberi diri dibazbtis..3.beroleh anugrah/karunia Roh….maka terbangun 7 tingkat iman yang disejajarkan degan tabernakel…

      • STANLY TAGHUPIA

        benar sekali dan jika sudah sampai ke tingkat memperoleh anugerah2 Roh kudus dan menghasilkan buah2 roh kudus maka akan disempurnakan Roh,jiwa dan tubuh pada kegerakan besar ( hujan akhir ) dan mendahuluinya satu tanda pemulihan akan terjadi seperti dalam nubuatan yoel yaitu adanya pemulihan bukan saja berkat jasmani tetapi terlebih berkat Rohani ( yoel 2:19,23-27),maka Tuhan akan menyebut kita umat-NYA/milik kepunyaan-NYA,haleluya bagi DIA RAJA DIATAS SEGALA RAJA,NANTIKANLAH DIA SEPERTI KITA MENANTIKAN FAJAR DI PAGI HARI,AMEN

      • amen….Tuhan berkati Stanly dan kel

      • amen Tuhan berkati Stanly kel dan pelayanan

  7. Anak Tuhan :D

    Syaloom Pak Pdt. Rolly Rorong..
    Saya ingin menanyakan,

    untuk dibaptis dengan air, min. kita harus berumur berapa?
    Terima Kasih🙂

    Tuhan Yesus Memberkati🙂

    • Tuhan berkati sudah berkunjung dan mengambil bagian dlm bertanya….ada tingkatan umur manusia yg disebut bayi,anak2,remaja dewasa,lanjut usia….utk babtisan air melewati tingkat anak yaitu umur 12 thn,,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: