Pelantikan Tuhan Yesus Kristus (Wahyu 10:1-7)

Dan aku melihat seorang malaikat lain yang kuat turun dari sorga, berselubungkan awan, dan pelangi ada di atas kepalanya dan mukanya sama seperti matahari, dan kakinya bagaikan tiang api.
Dalam tangannya ia memegang sebuah gulungan kitab kecil yang terbuka. Ia menginjakkan kaki kanannya di atas laut dan kaki kirinya di atas bumi,
dan ia berseru dengan suara nyaring sama seperti singa yang mengaum. Dan sesudah ia berseru, ketujuh guruh itu memperdengarkan suaranya.

Wahyu 10:1-3

Seorang malaekat yang turun dari sorga siapakah dia ?

Malaekat (ibrani) Mal’akh adalah utusan. Malaekat menunjuk pada jabatan, bukan kodrat, kalau kodratnya malaekat adalah roh. Kalau jabatan ia adalah malaekat. Dalam kitab kejadian biasa disebut mal’akh Yahweh adalah penampakan atau perwujudan dalam bentuk manusia. (Kejadian 32:30, Keluaran 3:2, 4, Hakim-hakim 13:22.

Dalam Wahyu 10:1, Malaekat yang dilihat Yohanes  adalah Tuhan Yesus Kristus, hal ini, nampak dalam kelengkapan yaitu:

  1. Malaekat yang gagah turun dari sorga menunjuk pada Tuhan Yesus gagah seperti panglima perang,Yahweh namanya, Keluaran 15:3.
  2. Berjubah awan menunjuk pada pakaian kemuliaan Tuhan Yesus, Kisah Rasul 1:9.
  3. Pelangi diatas kepalanya menunjuk pada pehukuman berlaku tapi Tuhan menahan penghukuman sebab belum waktunya, Kejadian 9:11-17.
  4. Mukanya seperti matahari menunjuk pada kebenaran ada pada Tuhan Yesus, Mazmur 84:12.
  5. Kakinya seperti tiang api menunjuk pada kekuatan [pendirian menginjak]. Tiang api juga menunjuk pada tuntunan pimpinan Keluaran 13:22. Juga menunjuk pada penghukuman dengan api. Kejadian 19.
  6. Kaki kanan berpijak di laut dan kaki kiri berpijak di darat adalah menunjuk pada kekuasaan darat maupun lautan, Matius 28:18. Dimana kakimu berpijak disitulah milikmu,Yosua 1:3. Di tanganNya ada sebuah kitab kecil terbuka berisi tugas bagi Yohanes sebagai hamba untuk membawa pekabaran dengan keras tanpa kompromi.
  7. Berteriak seperti  singa mengaung, menunjuk pada Tuhan Yesus adalah singa dari suku Yehuda  apabila Dia bersuara membawa damai sukacita bagi gerejaNya tetapi ketakutan bagi yang tidak percaya padaNya, Wahyu 5:5, Yesaya 55:11.

Peristiwa dalam Wahyu 10:1-7 terjadi di akhir zaman kerajaan antikris, pada peniupan sangkakala ke-7 (Wahyu 10:7, Wahyu 11:15-19). Dan bersamaan dengan ditumpahkan malapetaka ke-7 di bumi, Wahyu 16:17-21. Ada peristiwa upacara pelantikan Raja di atas segala raja, yaitu :

  1. Pemerintahan atas dunia dipegang oleh Tuhan kita dan Dia yang diurapiNya dan Ia akan memerintah sebagai Raja sampai selama-lamanya (Wahyu 11:15). Ketika suara itu diperdengarkan, maka 24 tua-tua tersungkur dan menyembah dan berkata

Kami mengucap syukur kepadaMu ya Tuhan, ya Allah yang maha kuasa, yang ada dan yang sudah ada karena engkau telah memangku kuasaMu yang besar dan telah mulai memerintah sebagai raja.

Ketika Tuhan Yesus dilantik sebagai Raja di atas segala raja, maka berseruhlah Ia .…..Tidak akan ada penundaan lagi (Wahyu( 10:6).

Maka ke-7 guruh itu memperdengarkan suaranya (Wahyu 1o:3, Wahyu 16:18). Dan terbukalah Bait Suci di Sorga dan pehukuman mulai dilaksanakan. Terdengar suara dari Bait suci yang terbuka ...sudah terlaksana... (Wahyu 16:17).

Dan Tuhan turun dengan tentaranya dengan menungggang kuda putih, berjubah panjang namanya Yang setia dan yang benar Ia menghakimi dan berperang dengan adil.(Wahyu 19:11-16). Terjadilah perang armageddon yaitu manusia berperang melawan Tuhan.

     Dia yang duduk di atas kuda putih melaksanakan tugas.

  • menangkap antikris dan nabi palsu hidup-hidup dan  langsung dibuang ke naraka (Wahyu 19:19-20).
  • Menangkap merantai dan memenjarakan setan/iblis selama 1000 tahun (Wahyu 20:1-3).
  • Kemudian membangkitkan orang-orang percaya yang disebut kebangkitan pertama yaitu mereka yang tidak menyembah patung, dan tidak memiliki tanda 666 di dahi dan tangan kanan (Wahyu 20:4-6), dan diangkat ke awan, bertemu dengan gereja penganten di awan-awan yaitu mereka yang disingkirkan selama 1260 hari (Wahyu 12:6, 14)
  • Orang percayaYang dibangkitkan pada kebangkitan pertama bersama dengan gereja penganten yang disingkirkan di awan-awan pada keangkatan gereja,diangkat bersama-sama ke angkasa dalam PESTA ANAK DOMBA ALLAH selama 75 hari adalah penggenapan nubuatan Daniel 12:12, 1335 hari yaitu 1260+75 hari = 1335 hari.
  • Setelah pesta di angkasa selama 75 hari, maka Tuhan Yesus Kristus,dengan kelompok gereja penganten yang disingkirkan selama 1260 hari di awan-awan,dan kelompok orang percaya yang dibangkitkan pada kebangkitan pertama,turun memerintah pada kerajaan 1000 tahun  Masa Damai.

Sangkakala ke VII di tiup,maka genaplah keputusan rahasia Allah.Tuhan Yesus menjadi Raja di atas segala raja.(Wahyu 11:15-19)

Ketika upacara pelantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Raja diatas segala raja maka 24 tua-tua yang duduk dikursi itu sujud dan menyembah dan berkata:

  1. Kami ucapkan syukur kepada Mu ya Allah,Tuhan yang Maha kuasa..menunjuk bahwa Tuhan Yesus Kristus berkuasa baik di surga,di bumi dan segala lutut bertelut dan segala lidah mengaku bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Tuhan.Matius 28:18.pilipi 2:9-11.
  2. Yang ada dan yang sudah sedia ada.Menunjuk pada Tuhan   Yesus tidak berawal dan tidak berkesudahan.Yaitu yang awal dan yang akhir.Wahyu 1:17.Kolose 15-17.
  3. Karena Engkau telah melakukan kodratMu yang benar.Menunjuk pada Tuhan Yesus kuasa yang benar untuk mengalakan musuh-musuh..Ayub 42:2.Keluaran 15:5.
  4. Engkau telah memerintah.Menunjuk pada pelantikan bahwa Tuhan Yesus telah dilantik sebagai Raja di atas segala raja.
  5. Segala bangsa telah marah menunjuk pada orang-orang durhaka yang telah merasakan hukuman yaitu hukuman selama zaman antikris 3,5 tahun,tetapi mereka tidak bertobat.Wahyu 13:1-10.
  6. Ketika orang-orang mati itu dihukum.Menunjuk pada pehukuman sesudah 1000 tahun dan setelah terjadi kebangkitan kedua.Wahyu 20:11-15.
  7. Hari pemberian pahala/upah.Menunjuk pada waktu pemberian yaitu :
  • Pahala adalah buah dari perbuatan baik dalam kebenaran diberikan secara umum kepada hamba-hamba atau pelayan-pelayan,nabi-nabi,orang-orang suci dan orang-orang yang takut pada Tuhan.
  • Upah.adalah suatu pemberian atas dasar jerih payah.Daniel 12:13.Mazmur 126:5-6.I Korentus 15:58.
  • Mahkota.Adalah pemberian kusus pada hamba-hambaNya yang Tuhan berkenan,sesuai dengan hak masing-masing.Sebagaimana rasul Paulus akhirnya ia mendapat mahkota kebenaran yang dikaruniakan oleh Tuhan.II Timotius 4:6-8.

  Bagi orang percaya yang mati sejak zaman Habel sampai zaman antikris,mereka di bangkitkan pada kebangkitan pertama.Dan langsung diubah dengan tubuh kemuliaan menuju awan-awan bersama dengan gereja penganten yang disingkirkan selama 3,5 tahun telah berakhir di awan-awan, dan mereka bersama-sama menuju angkasa dalam pesta 75 hari.Dan bagi orang-orang mati yang tidak percaya,mereka tidak dibangkitkan,tetapi disimpan dalam debu tanah dan akan diambil setelah 1000 tahun untuk menghadap Tahta putih(Daniel 12:2.Wahyu 20:11).

    Di saat memberian upah pada hamba-hamba,nabi-nabi,orang kudus dan yang takut pada Tuhan.(Wahyu. 11:18,b.Daniel 12:13).Dan ketika masuk pada 1000 tahun masa damai,maka hamba-hambaNya menerima upah yaitu pembagian kerajaan.(Lukas 22:29-30.Matius 19:28)

Dan Aku menentukan hak-hak kerajaan bagi kamu,sama seperti BapaKu menentukannya bagiKu,bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam kerajaanKu dan kamu akan duduk diatas takta untuk menghakimi keduabelas suku Israel.Lukas 22:29-30.

Kata Yesus kepada mereka:Aku berkata kepadamu,sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali,apabila Anak Manusia bersemayam di taktah kemuliaanNya,kamu yang telah mengikut Aku,akan duduk juga di atas dua belas taktah untuk menghakimi keduabelas suku Israel.Matius 19:28.

    Upah pemberian kerajaan adalah sesuai dengan jerih-lelah sebagaimana Tuhan mengatakan pada Yosua bahwa dimana kakimu berpijak disitu tanah pusakamu.Yosua 1:3.

Wahyu 10:2.

bersambung….

Tinggalkan komentar