Tujuh Tanduk dan Tujuh Roh Allah

TUJUH TANDUK DAN TUJUH MATA ITULAH TUJUH ROH ALLAH

Seven horns and seven Eyes,which are the seven spirit of God

Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi”.
Wahyu 5:6

Pada zaman Perjanjian Lama, Tuhan melengkapi para nabi dan asis Allah dengan 7 Roh (Yesaya 4:4, Yesaya 11:2), yaitu :

  1. Roh mengadili.
  2. Roh membakar.
  3. Roh hikmat.
  4. Roh pengertian.
  5. Roh nasihat.
  6. Roh keperkasaan.
  7. Roh pengenalan dan takut akan Tuhan.

Setelah Yesus Kristus menang di Golguta, maka nampaklah Yohanes di arasy yaitu ditengah takhta dan empat makluk itu dan ditengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh : itulah ketujuh Roh Allah yang diutus keseluruh bumi.

7 tanduk menunjuk pada kesempurnaan penyelamatan (Mazmur 18:3, tanduk keselamatan)

7 Roh Tuhan menunjuk pada kesempurnaan kerja Rohkudus dengan tidak terbatas. Yehezkiel 49 menggambarkan seperti air tambah banyak sampai tidak terarung lagi yang menghidupkan. Yehezkiel 37, Roh yang menghidupkan orang-orang mati. Yohanes 6:63, Roh yang menghidupkan gereja sebagaimana Jemaat Sardis yang disangka hidup tetapi mati yaitu Roh tidak ada dalam jemaat (Wahyu 3:1). Tuhan Yesus memperkenalkan diriNya pada jemaat Sardis bahwa DIA yang memiliki 7 Roh Allah.

Karena 7 Roh telah diutus kedalam dunia, maka Roh yang satu yaitu Rohkudus bekerja secara khusus untuk gerejaNya yaitu :

  1. Rohkudus membaptis dan memberi kepenuhan Roh pada gereja Nya, Kisah Rasul 1:5.2:1-4.
  2. Rohkudus memetraikan seseorang menjadi milikNya, II Korintus 1:22.
  3. Rohkudus menganugerahkan karunia-karunia, I Korintus 12:4a, 7-11.
  4. Rohkudus mengaruniakan jawatan, I Korintus 12:4b, 28-30, Epesus 4:11-12.
  5. Rohkudus mengaruniakan berbagai perbuatan ajaib (Buah Roh), I Korintus 12:6, Galatia 5:22-23.
  6. Rohkudus diutus sebagai Roh penghibur untuk menginsafkan dunia, Yohanes 16:7-12.
  7. Rohkudus memimpin pada seluruh kebenaran, Yohanes 16:13.

Pada waktu pemberitaan kelahiran Tuhan Yesus, Dia disebut sebuah tanduk(satu) tanduk keselamatan bagi Israel. Tetapi ketika Dia menang di golguta, maka menjadi 7 tanduk yaitu kesempurnaan menyelamatkan dunia bukan lagi khusus Israel. Dan pada waktu Tuhan Yesus lahir Dia mendapatkan Roh dengan tidak terbatas (Yohanes 3:34). Tetapi setelah menang maka Dia memiliki Roh secara sempurna untuk menyelamatkan gerejaNya yaitu 7 Roh yang diutus ke Dunia.

Di zaman sekarang ini, dunia tidak atau kurang merespon kehadiran Rohkudus. Termasuk gereja-gereja menutup pintu bagi Rohkudus bekerja dan  Rohkudus telah meninggalkan banyak gereja sebagaimana jemaat di Sardis (Wahyu 3:1). Namun Dia mengetuk pintu untuk masuk jika gereja mau membuka pintu untuk Rohkudus sebagaimana jemaat Laodekia (Wahyu 3:20).

Gereja-gereja telah memasang label Rohkudus, tapi  doktrinlah yang menghalangi Rohkudus berkarya didalamnya. Dan banyak orang percaya belum dibaptis dan dipenuhi  dengan Rohkudus. Dengan demikian, mereka tidak  dimeteraikan oleh Rohkudus  menjadi milikNya.(II.Krentus 1:22.Roma 8:9)

Ketika 7 mata Rohkudus memandang ketujuh jemaat di asia kecil, maka terbukalah seluruh karakter rohani ketujuh jemaat itu yaitu :

  1. Jemaat Epesus beraktifitas tinggi dalam kegiatan rohani tapi sayang mereka telah meninggalkan cinta mula-mula.Dan mereka harus kembali dan bertobat.
  2. Jemaat Smirna mereka miskin materi, tapi kaya dengan kekayaan rohani namun mereka menghadapi banyak cobaan yang  datang sebagai ujian untuk mencapai kwalitas rohani.
  3. Jemaat di pergamus tinggal tempat tahta iblis tetapi mereka tetap berpegang pada Firman.Namun ada yang pengaruh dengan ajaran Bileam,ajaran Nikolaus.
  4. Jemaat Tiatira penuh dengan kasih,iman,pelayanan lebih baik.Namun mereka membiarkan ajaran wanita Izebel yaitu ajaran sinah dan menyembah berhala dibiarkan menyesatkan jemaat dan Tuhan sangat mencelah.
  5. Jemaat sardis menyangka bahwa mereka hidup tetapi sebenarnya mereka telah mengalami kematian rohani karena aktivitas Rohkudus tidak bekerja lagi dan meninggalkan jemaat sardis.
  6. Jemaat Filadelfia walaupun kekuatan mereka sedikit tapi mereka tidak menyangkal Firman dan mereka dijanjikan jika menang, akan menjadi tiang di Yerusalem Baru.
  7. Jemaat Laodikia mengalami kesombongan hal ini terlihat dari kata-kata mereka bahwa kami kaya dan memperkaya diri dan tidak kekurangan suatu apapun.Dan Rohkudus mengatakan bahwa jemaat Laodikia adalah miskin rohani,buta, telanjang dan melarat rohani.Sebab itu Tuhan tidak ada didalam jemaat laodikia,tapi Tuhan mengasihi mereka dan menawarkan emas,pakaian putih,minyak, dan akan masuk jika mereka membuka pintu untuk Tuhan .

 Luar biasa jika Rohkudus yaitu 7 Roh Allah yang diutus ke dunia masuk dalam gereja-gereja, maka segala kekurangan akan nampak; tentu Tuhan suka dengan gerejaNya yang sadar dan mau memperbaiki kekurangan-kekurangan dan membangun sampai pada kesempurnaan gereja menjadi penganten Kristus.

7 tanduk menunjuk pada kesempurnaan tanduk keselamatan untuk menyelamat- kan jiwa-jiwa.

7 mata Tuhan menunjuk pada kesempurnaan memandang yaitu tidak ada yang tersembunyi dihadapan Tuhan.

7 tanduk dan 7 mata Tuhan adalah 7 Roh yang diutus kedalam dunia, untuk menyelamatkan jiwa-jiwa. Ketujuh Roh bekerja secara sempurna menjangkau jiwa-jiwa di empat penjuru bumi.

7 Mata Tuhan.

Dalam penglihatan Zakharia melihat kandil dengan 7 pelitanya adalah 7 mata Tuhan yang menjelajah seluruh bumi(Zakharia 4:2-11). Demikian juga Yohanes melihat di Arays ada seekor Anak Domba yang seperti sudah tersembelih, bertanduk 7 dan bermata 7 itulah 7 Roh Tuhan yang diutus kedalam dunia (Wahyu 5:6).

Iblis berusaha mencuri lambang mata sebagaimana dalam satu dolar AS, tapi hanya satu mata dengan tujuan untuk mengusai ekonomi dunia dan meyesatkan dunia. Tetapi 7 mata Tuhan untuk menyelamatkan umatnya (Mazmur 32:18). Sesungguhnya mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia. Tidak ada satu makluk tersembunyi dihadapanNya, semua telanjang dan terbuka di mata Tuhan (Ibrani 4:13). Jika Roh Tuhan bekerja aktif dalam suatu gereja, maka tidak ada satupun yang tersembunyi semua akan diungkapkan melalui karunia-karunia yang dipercayakan oleh Tuhan pada anak-anakNya. Sebagaimana ke-7 jemaat di Asia kecil, Tuhan membukanya melalui penglihatan atau visiun pada Yohanes dan Tuhan perintahkan supaya apa yang diperlihatkan oleh Tuhan pada Yohanes, harus ditulis dan dikirim ke jemaat-jemaat itu. Inilah mata Tuhan menyelamatkan gerejaNya dengan membongkar kelemahan dan dosa mereka supaya mereka bertobat dan kembali mendengar Firman untuk keselamatan.

bersambung……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: